ADVERTISEMENT

Omzet Kue Kacang Mak Enak Naik 100 Persen saat Ramadan

Yakub Mulyono - detikFood
Minggu, 24 Apr 2022 12:30 WIB
Kue Kacang Mak Enak, Oleh-Oleh Baru Khas Jember yang Hits
Foto: Yakub Mulyono
Jember -

Kue kacang Mak Enak Jember menjadi buruan penikmat makanan ringan, menjelang lebaran. Orderan kue kering yang gurih renyah ini terus meningkat tajam.

Kue kacang Mak Enak ini punya gerai di Jalan Letjen S Parman, Kecamatan Sumbersari itu juga meningkat. Yang dijual tak hanya kue kacang saja tetapi ada beragam jenis kue dan makanan ringan lainnya.

"Omzet per hari biasanya Rp 500 juta, tapi kalau lebaran bisa 3 kali lipat. Mencapai Rp 1 miliar per hari," ungkap owner kue kacang Mak Enak Dono Febriono, Jumat (22/4/2022).

Menurut pria lulusan Universitas Jember (Unej) jurusan Tehnologi Hasil Pertanian (THP) ini, pada bulan ramadan dia bisa mengirim kue kacang Mak Enak 10 hingga 12 truk untuk sejumlah distributor yang ada di Jawa hingga Jabodetabek.

"Per hari itu saat ramadan dan menjelang lebaran, truk yang berangkat bisa 10 sampai 12 truk ke distributor," kata Dono.

Menurut Dono, orderan dilakukan secara online. Sebelum makanan dikirim, pembeli harus membayar uang muka sebesar 50 persen dari total tagihan.

Baca juga: Dapat Review Negatif, Restoran Ini Tega Beberkan Informasi Pribadi Pelanggan

Kue Kacang Mak Enak, Oleh-Oleh Baru Khas Jember yang HitsRamai peminat menjelang lebaran, omzet dari kue kacang Mak Enak ini bisa mendapat hingga milyaran rupiah. Foto: Yakub Mulyono

"Jadi sistemnya, orang mau beli kue DP (bayar uang muka) 50 persen. Kemudian barang (pesanan kue kacang) mau diberangkatkan di video, orang yang mengirim juga, kemudian notanya divideo dan foto. Kemudian dibayar sisanya (pesanan kue), sebelum barang diberangkatkan untuk dilunasi," terangnya.

"Untuk pemasaran Kue Kacang Mak Enak Alhamdulillah dari pulau Jawa sampai luar pulau. Tapi paling banyak daerah Jabodetabek yang menjadi pasar potensial di sana," sambungnya.

Pengiriman dan penjualannya itu kebanyakan ke distributor besar toko oleh-oleh atau souvenir. Seperti ke Malang, Sidoarjo, dan Surabaya untuk Jawa Timur.

"Kemudian Jawa Tengah ada Semarang, Yogyakarta. Juga meliputi Jabodetabek yang juga banyak," ujar Dono.

Bahkan saking populer karena gurih enak dan murah, kue kacang Mak Enak ini tersebar di banyak toko online di semua marketplace. Ada yang dijual dalam kemasan asli, ada juga yang dikemas ulang dengan harga bervariasi.

Baca juga: Pesan Makanan 15 Menit Sebelum Resto Tutup, Pelanggan Ini Dihina Habis-habisan



Simak Video "Kisah Pemilik Kue Kacang Di Jember yang Raup Omzet Ratusan Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT