Bantu Bisnis Makanan Kecil, Pelaku UMKM Bisa Masak Bareng Chef di Sini

ADVERTISEMENT

Bantu Bisnis Makanan Kecil, Pelaku UMKM Bisa Masak Bareng Chef di Sini

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 22 Apr 2022 16:30 WIB
Bantu Bisnis Makanan Kecil, Pelaku UMKM Bisa Masak Bareng Chef di Sini
Foto: detikcom/Diah Afrilian
Jakarta -

Menyadari perlunya kerjasama untuk kembali bangkit, pelaku UMKM punya kesempatan bagus di sini. Melalui cooking class bersama chef, bisnis rumahan bisa jadi lebih baik.

Peraturan ketat yang mulai dilonggarkan bukan artinya kita semua sudah pulih dari masa pandemi. Ada tugas yang lebih berat untuk membangkitkan kembali roda perekonomian hingga membantu pelaku bisnis kecil.

Pelatihan dan dukungan untuk pemasaran dari lembaga-lembaga yang lebih besar diperlukan guna menggandeng para pelaku bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk kembali bangkit. Uluran tangan dari pihak-pihak tentunya akan diterima hangat oleh banyak pelaku UMKM yang kesulitan bangkit setelah dihajar pandemi yang berkepanjangan.

Sebagai bagian dari masyarakat, pelaku UMKM inilah yang nantinya akan mulai menggerakan roda perekonomian dari bawah hingga ke atas. Terutama para pebisnis kuliner yang pasti akan berkaitan dengan produksi yang berkelanjutan dan melibatkan banyak pihak.

Baca juga: Toko Kue 52 Tahun Ini Bakal Ditutup, Pelanggannya Rela Antre hingga 70 Meter!

Bantu Bisnis Makanan Kecil, Pelaku UMKM Bisa Masak Bareng Chef di SiniMembantu penguatan kembali UMKM setelah pandemi, PT Sasa Inti siap beri pelatihan dan dukungan bagi bisnis kuliner masyrakat. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Menyadari pentingnya bantuan untuk pelaku UMKM, Sasa mengajak ribuan pelaku bisnis rumahan untuk bersama-sama bangkit dari keterpurukan pandemi. Rida Atmiyanti, selaku Head of Government Relation PT Sasa Inti, menyadari pentingnya kehadiran para pelaku UMKM dalam pogram pengembangan yang dilakukan.

Dibantu oleh Chef Rendy Kongs, para pelaku UMKM diberi kesempatan untuk bersama-sama belajar memasak dan meningkatkan kualitas hidangan mereka yang nantinya akan dipasarkan. Tidak sekadar meningkatkan kualitas hidangan, ada upaya untuk membantu meluaskan bisnis pelaku UMKM lainnya yang bahkan menurut datanya sudah berhasil diterapkan pada ribuan pelaku UMKM.

Contohnya pada puncak pandemi lalu, Rida mengatakan ada kerjasama dengan pelaku UMKM untuk menyediakan makanan kepada para tenaga kesehatan yang bekerja di garda terdepan pandemi. Selain mengandalkan keahlian chef Rendy Kongs, beberapa makanan dari pelaku UMKM dipesan untuk disebarluaskan kepada mereka yang membutuhkan perhatian khusus.

"Semakin ke sini kami membantu untuk mencanangkan pergerakkan kembali roda ekonomi kembali bergeliat, maka kita bina UMKM. Jadi kami sangat-sangat mensupport UMKM untuk kembali bergeliat dengan bikin pembinaan UMKM baik secara online di awal-awal hingga sebagai reward mereka boleh ikut cooking class gratis bersama-sama dengan chef Kongs," kata Rida dalam Media Gathering Sasa Inti (20/4).

Baca juga: Dapat Review Negatif, Restoran Ini Tega Beberkan Informasi Pribadi Pelanggan

Bantu Bisnis Makanan Kecil, Pelaku UMKM Bisa Masak Bareng Chef di SiniMemanfaatkan Studio Kreasi Sasa, ada Chef Rendy Kongs yang akan memandu langsung para pelaku bisnis UMKM untuk meningkatkan kualitas masakannya. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Berlokasi di studio Kreasi Sasa, Rida dan chef Rendy Kongs juga memperlihatkan dan mengajak media untuk merasakan sensasi belajar memasak bersama chef seperti yang diberikan kepada pelaku UMKM. Tahapan demi tahapan dituntun dengan jelas dan perlahan sehingga para peserta memahami cara memasak yang benar.

Chef Rendy Kongs juga menjelaskan bahwa ia dan timnya bahkan sampai pergi ke tiga kota untuk menyambangi para pelaku UMKM dan membantu memberikan pelatihan. Mulai dari Indramayu, Semarang hingga Malang, chef Kongs yang turun tangan sendiri untuk mengangkat UMKM kembali bangkit.

Chef Rendy Kongs juga menjamin bahwa kelas yang dipimpin olehnya akan membuat pesertanya yang secara khusus datang dari pelaku UMKM semakin handal memasak. Bukan hanya melihat saja, seluruh proses memasak dan pengolahan bahan-bahannya juga dilakukan langsung oleh para peserta dengan mengikuti instruksi yang diberikan.

Pada kesempatan ini, detikfood yang juga ikut bergabung mendapatkan pengalaman untuk membuat ketupat kandangan khas Banjarmasin, ayam bakar kalasan, hingga bakwan mozarella. Tidak hanya tahapan memasak saja, chef Kongs juga dengan jelasnya memberikan pengetahuan yang baru terkait tips-tips memasak.

Tentunya dengan menggunakan produk dari Sasa, chef Kongs dan Rida berharap bumbu dan bahan memasak instan yang disediakan akan mebantu banyak lapisan masyarakat. Produk yang juga sudah melalui tahap fortifikasi ini diharapan bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi masyarakat walaupun dengan cara yang instan.

Baca juga: Ini 12 Jenis Kopi Berikut Zodiak yang Cocok untuk Menikmatinya



Simak Video "Tips Masak ala Chef Farah Quinn, Makan Ayam Tanpa Dosa!"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT