5 Rekomendasi Cokelat Lokal, Rasanya Berkelas Internasional

Jihaan Khoirunnissa - detikFood
Jumat, 22 Apr 2022 10:41 WIB
Beragam Coklat Indonesia
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Siapa yang tak suka cokelat? Kudapan manis ini difavoritkan semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Manisnya cokelat dapat memicu mood yang baik dan membuat bahagia. Namun di samping itu, rasa cokelat yang manis juga bisa membantu menambah energi saat berpuasa di bulan Ramadan. Bagi kamu yang sedang mencari cokelat untuk menambah manisnya bulan Ramadan kali ini, tak perlu jauh-jauh memesan cokelat impor.

Sebab, negeri kita tercinta ini juga punya beragam produk cokelat lokal yang tak kalah bagus kualitas rasanya. Kamu juga bisa sekaligus #BeliKreatifLokal untuk membantu penjualan produk-produk dalam negeri. Merangkum dari laman Indonesia Travel, ini dia 5 rekomendasi cokelat lokal untuk dinikmati bersama keluarga maupun orang tersayang.

Chocodot

Kamu tentu sudah familier dengan inovasi cokelat dari Chocodot? Olahan cokelat khas Garut ini terbilang unik karena menonjolkan kearifan lokal setempat. Sehingga tak heran jika Chocodot menjadi oleh-oleh yang paling banyak diburu. Sesuai namanya, Chocodot merupakan kombinasi antara dodol Garut yang dibalut dengan cokelat legit yang manis.

Sudah berdiri sejak 2009, kini Chocodot sudah memiliki lebih dari 300 varian, mulai dari rasa dodol cokelat standar, aneka varian buah, hingga rasa dodol cokelat yang pedas di lidah. Kemasan produknya pun estetik dan lucu. Selain itu, harga produk cokelat ini juga cukup terjangkau.

Chocoletters

Kurma menjadi hidangan wajib sebagai teman berbuka puasa. Tak hanya dimakan langsung, kurma saat ini juga diolah menjadi aneka kudapan yang lezat. Salah satu yang sedang tren yaitu cokelat kurma kekinian, seperti yang ditawarkan oleh Chocoletters.

Pada dasarnya, cokelat kurma dibuat dari buah kurma yang dibalut atau diberi topping cokelat. Di Chocoletters bagian dalam cokelat kurma ada yang diberi cacahan kacang mete untuk memberikan sensasi krenyes saat digigit.

Pipiltin

Merek cokelat yang satu ini sangat menggambarkan Nusantara. Bagaimana tidak, setiap produk olahan cokelatnya dibuat dari hasil panen kokoa dari berbagai daerah di Indonesia sehingga memiliki rasa dan karakter yang berbeda-beda, mengikuti asal daerahnya. Misalnya saja Chocolate Bar Aceh 73%, Chocolate Bar Bali 70%, dan Chocolate Bar East Java 65%.

Krakakoa

Cokelat dicampur cabai merah apa rasanya ya? Untuk kamu yang ingin mencoba sensasi makan cokelat dengan rasa tak biasa, bisa mencoba cokelat batangan dari Krakakoa. Namanya yaitu Flavoured Chilli Dark Chocolate. Perpaduan rasa cokelat dan rasa pedasnya terasa unik di lidah. Apalagi dalam setiap gigitan, kamu bisa merasakan hint karamel yang manis.

Di samping itu, Krakakoa juga memiliki varian rasa cokelat lain yang tidak kalah menarik untuk dicoba, lho! Ada Arenga 45% Milk Chocolate, Seasalt & Pepper Dark Chocolate, dan masih banyak lagi.

Pod Cokelat

Di Pod Cokelat, kamu bisa membeli cokelat sambil ikut melestarikan lingkungan alam. Karena jenama yang satu ini 100% plant-based, alias berbahan baku nabati. Produk asli Bali ini membuat cokelat vegan langsung menggunakan kakao dari perkebunannya tanpa susu hewani. Selain cokelat batangan, Pod Cokelat juga menyediakan cokelat dalam bentuk selai. Unik ya?

Itu dia 5 rekomendasi produk cokelat lokal #DiIndonesiaAja yang punya kualitas tak kalah saing dengan produk cokelat impor. Apalagi langkah tersebut sejalan dengan upaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Menparekraf, Sandiaga Uno yang ingin meningkatkan nilai tambah komoditas cokelat dalam negeri. Ia pun mendorong agar masyarakat mulai beralih mengonsumsi cokelat buatan lokal.

"Cokelat diekspor ke luar negeri, diolah di sana, dikemas di sana, dan dijual kembali ke Tanah Air. Kita membeli dengan harga mahal. Sehingga nilai tambahnya dan lapangan pekerjaannya tidak dirasakan oleh putra-putri bangsa sendiri. Ini yang akan kita ubah sebagai potensi," katanya dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, Kamis (21/4/2022).

Adapun produk-produk cokelat di atas, bisa kamu dapatkan secara online maupun outlet tertentu secara offline. Jika berniat mendapatkan cokelat ini secara offline ke luar rumah, pastikan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ketat berupa 6M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, serta menghindari makan bersama). Jangan lupa juga untuk melengkapi dosis vaksinasi kamu di fasilitas kesehatan atau sentra vaksinasi terdekat sebelum liburan.

Spesial untuk kamu semua Sobat Pesona, di periode 15 Maret-15 Mei 2022 ini kamu bisa ikuti program AKAMSI #AmbassadorKampungSini dari Kemenparekraf untuk dapatkan beragam hadiah menarik. Caranya, cukup tunjukkan pesona wisata tersembunyi di daerahmu dan menangkan hadiah senilai total jutaan rupiah berupa uang tunai, iPhone 13 Pro Max, hingga paket e-wallet! Adapun informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan dari program ini bisa cek di sini.

Untuk informasi dan inspirasi terkait destinasi wisata #WonderfulIndonesia lainnya, kamu juga bisa follow akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia.



Simak Video "BPOM Setop Sementara Peredaran Cokelat Kinder"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)