Lamak Bana! Buka Puasa Pakai Nasi Kapau hingga Durian Creamy Legit di Sini

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 14 Apr 2022 16:00 WIB
Lamak Bana! Buka Puasa Pakai Nasi Kapau hingga Durian Creamy Legit di Sini
Foto: detikcom/Diah Afrilian
Jakarta -

Hidangan Minang memiliki tempat tersendiri di hati orang Indonesia. Salah satunya nasi Kapau dengan beragam lauk yang cocok jadi menu utama saat buka puasa. Cobain yuk!

Walaupun banyak pilihan menu berbuka puasa yang nikmat, tetapi masakan khas Nusantara selalu jadi favorit. Rasanya yang sudah melekat selalu berhasil memanjakan lidah.

Terlebih ketika menyantap hidangan khas Sumatera Barat, penggunaan santan yang banyak serta bumbu yang kuat membuat kenikmatannya tak bisa ditolak. Selain nasi Padang yang tersohor, ada juga menu nasi Kapau yang tak kalah enak.

Baca juga: 5 Restoran Asri di Bogor Buat Bukber, Pemandangannya Sawah hingga Sungai!

Lamak Bana! Buka Puasa Pakai Nasi Kapau hingga Durian Creamy Legit di SiniTerinspirasi dari kelezatan cita rasa Nusantara, chef Zul dari DoubleeTree hadirkan nasi Kapau sebagai menu utama buka puasa. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Mengakui bahwa makanan lokal akan selalu dicari dalam berbagai situasi termasuk saat berbuka puasa, chef Zul dari DoubleTree Hotel berusaha menghadirkan suasana ini ke dalam buffet buka puasa di Open Restaurant, DoubleTree, Jakarta Diponegoro. Beragam menu nasi Kapau hingga angkringan disiapkan di area outdoor.

"Sebagai orang lokal, saat buka puasa kita ingin mencicipi semua makanan, tetapi pada akhirnya kita akan selalu mencari makanan lokal," kata chef Zul kepada detikcom (29/3).

Pertama, yang paling identik dengan menu hidangan khas Sumatera adalah rendang yang hitam kering dan meresap bumbunya. Tidak sekadar dimasak dengan bumbu rendang saja, tetapi proses memasaknya benar-benar sampai daging mengering dan bumbu meresap ke bagian dalamnya.

Selanjutnya yang tak kalah lezat, udang balado yang pedasnya bikin melek! Udangnya yang segar terasa manis, berpadu sempurna dengan bumbu balado yang pedasnya nikmat.

Baca juga: Menu Harian Ramadan ke-10: Daging Paprika yang Bikin Semangat Makan hingga Segarnya Puding Mangga

Lamak Bana! Buka Puasa Pakai Nasi Kapau hingga Durian Creamy Legit di SiniSelain itu ada juga angkringan yang komplet dengan durian yang montok dan legit manisnya. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Ada juga hidangan gulai ikan yang kuat kental kuahnya dan paling lengkap ditambah dengan kerupuk kulit atau dikenal sebagai jangek dalam bahasa Minang. Tidak ketinggalan, telur dadar khas Minang yang dikenal gurih tebal.

Menurut chef yang bertugas di sudut nasi Kapau ini, telur dadar Minang mereka buat menggunakan campuran telur bebek dan telur ayam sehingga warnanya lebih pekat, lapisannya lebih tebal dan rasanya jauh lebih gurih nikmat. Setelah kenyang dengan nasi Kapau, bisa mulai bergeser ke area outdoor dan menyambangi angkringan dadakan yang juga dibuat oleh chef Zul.

Layaknya angkringan di kaki lima atau tendaan, ada berbagai hidangan camilan seperti sate-satean, kopi panas, bahkan hingga mie instan yang akan dimasak langsung di depan tamu ketika dipesan. Tetapi yang paling tidak boleh dilewatkan di sini adalah kehadiran di raja buah, durian, yang harum dan legit.

Setiap tahunnya DoubleTree selalu menyajikan durian yang tidak boleh ketinggalan sewaktu bulan Ramadan. Duduk di area terbuka yang rindang pohonnya dan segar udaranya semakin nikmat sambil menyantap durian yang baru saja dibuka dari kulitnya sambil menikmati waktu bersantai usai berbuka puasa.

Paket buka puasa yang spesial ini dibanderol seharga Rp 528.000++ dan bisa dinikmati sepuasnya. Jika datang bersama rombongan berisi empat orang kamu bisa mendapatkan harga spesial senilai Rp 458.000++ dan cukup membayar untuk tiga orang saja.

Baca juga: 7 Buah Ini Bisa Bikin kenyang Lebih Lama, Cocok Buat Sahur



Simak Video "Bikin Laper: Penyajian Unik Nasi Kapau Sutan Mangkuto!"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)