Cobain Ide Menu Takjil Olahan Kurma yang Praktis ala Sisca Soewitomo

Erika Dyah - detikFood
Senin, 11 Apr 2022 19:42 WIB
Ide Menu Takjil Olahan Kurma yang Praktis ala Sisca Soewitomo
Foto: Dok. Shopee
Jakarta -

Kurma menjadi salah satu menu takjil yang difavoritkan banyak orang karena praktis disantap saat berbuka puasa. Selain memiliki rasa manis, kurma juga memiliki banyak manfaatnya bagi tubuh sehingga tepat disajikan pada bulan Ramadan.

Untuk itu, dalam rangka kemeriahan kampanye Shopee Big Ramadan Sale, Shopee bersama Chef Sisca Soewitomo membagikan resep Kreasi Takjil Kurma yang praktis agar dapat dicoba masyarakat di rumah. Penasaran?

Nah, sebelum mempersiapkan resep takjil spesial untuk berbuka nanti, ada baiknya Anda juga tahu manfaat dari kurma yang baik untuk kesehatan. Meski ukurannya mungil, buah yang satu ini kaya akan manfaat seperti berikut ini.

1. Mengembalikan Energi Tubuh

Setelah seharian berpuasa, tubuh yang kehabisan energi membutuhkan asupan kalori yang bisa diserap dengan cepat. Buah kurma memiliki nutrisi yang pas untuk mengembalikan energi seseorang yang berpuasa. Kandungan gula alami seperti fruktosa dan glukosa yang pas dapat berperan sebagai sumber energi cadangan yang baik bagi tubuh. Alhasil, kita bisa tetap fit selama bulan Ramadan.

2. Baik Bagi Pencernaan

Kurma juga memiliki kandungan serat tinggi yang bermanfaat bagi saluran pencernaan. Dengan mengkonsumsi kurma secara teratur, Anda dapat mencegah sembelit serta mendorong buang air besar. Meski berpuasa, jangan lupa tetap perhatikan kesehatan pencernaanmu, ya!

3. Berpengaruh Positif untuk Kesehatan Mental

Buah kurma memiliki banyak kandungan nutrisi, salah satunya vitamin B6. Vitamin ini berguna dalam membantu tubuh menghasilkan hormon serotonin dan norepinefrin. Hormon ini berpengaruh positif bagi kesehatan mental, khususnya dalam mengatur suasana hati dan juga melawan stres. Karenanya, kamu tetap bisa menjaga mood selama puasa dengan makan kurma.

Celebrity Chef, Sisca Soewitomo menjelaskan banyaknya pilihan takjil yang tersedia saat bulan Ramadan sering kali membuat kita bimbang dalam memilih mana yang ingin kita sajikan. Oleh karena itu, setelah kurang lebih 12 jam berpuasa, penting bagi kita untuk mempertimbangkan makanan atau minuman pembuka yang sehat dan bergizi demi mengembalikan kesegaran tubuh.

"Kurma, buah yang tidak pernah absen di setiap bulan Ramadan, dapat menjadi opsi yang tepat," ungkap Sisca dalam keterangan tertulis, Senin (11/4/2022).

Sisca menambahkan kurma bisa disantap sesuai selera dan suasana hati. Baik dimakan secara langsung ataupun diolah menjadi sajian makanan atau minuman yang manis nan lezat untuk takjil berbuka puasa. Seperti resep takjil kurma berikut ini.

Halaman Selanjutnya: Resep Kreasi Takjil Kurma ala Shopee dan Sisca Soewitomo