7 Tips Buka Puasa agar Tidak Kalap Saat Makan

Riska Fitria - detikFood Senin, 11 Apr 2022 17:00 WIB
Tips buka puasa sehat Foto: iStock
Jakarta -

Buka puasa jadi waktu yang paling ditunggu. Namun jangan kalap makan, perhatikan beberapa tips praktis ini agar tidak kalap makan.

Ada keberkahan yang diberikan Allah SWT ketika berbuka puasa. Selain pahala yang melimpah, makan dan minum setelah berpuasa seharian adalah kenikmatan tersendiri.

Meskipun tak makan dan minum selama seharian, buka berarti kamu harus makan segalanya ketika buka puasa. Makan kalap atau makan berlebihan akan berakhir menyebabkan gangguan pencernaan.

Makanlah secara perlahan dan jangan mulai dengan makan besar. Dilansir dari Lifestyle Asia dan sumber lainnya, berikut 7 tips buka puasa agar tak kalap.

1. Jangan Tunda Buka Puasa

Tips buka puasa sehatTips buka puasa sehat jangan menunda makan jika sudah waktunya Foto: iStock

Menunda buka puasa bukanlah hal yang dibenarkan. Dalam segi agama, menyegerakan buka puasa adalah sunnah dari Nabi Muhammad SAW. Tips buka puasa ini juga berkaitan dengan segi kesehatan.

Sebab seseorang yang berpuasa seharian pasti nutrisi dalam tubuhnya berkurang. Karenanya ketika waktu berbuka harus langsung makan agar tidak mengalami gangguan kesehatan lainnya.

Baca Juga: Tinggal 2 Hari Kesempatan Dapat Alat Masak Canggih GRATIS

2. Awali dengan Minum

Dehidrasi adalah salah satu kondisi yang dialami ketika berpuasa. Karenanya ketika berbuka puasa awali dengan minum air untuk menghidrasi tubuh kembali.

Meskipun begitu, jangan terburu-buru saat meminum. Minumlah air dengan proporsi yang tepat sebelum makan dan pastikan jangan sampai kembung sebelum makan.

3. Makan Buah-buahan

Tips buka puasa sehatTips buka puasa sehat dengan makan buah-buahan Foto: iStock

Setelah seharian berpuasa, pasti menginginkan sesuatu yang manis. Mengonsumsi buah-buahan bisa menjadi pilihan tepat daripada makanan manis dengan pengawet dan gula tambahan.

Salah satu buah yang ideal adalah kurma. Kurma mengandung gula alami yang tidak berbahaya dan memiliki nilai gizi yang tinggi. Selain kurma, juga bisa mengonsumsi jeruk, anggur dan buah berair lainnya.

4. Konsumsi Sup

Sup bisa menjadi pilihan menu buka puasa yang bagus. Sup bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan yang sering dihadapi banyak orang ketika berpuasa.

Sebab dari perut kosong lalu makan tiba-tiba biasanya jadi penyebab gangguan pencernaan. Kamu bisa memilih sup ayam agar mendapat asupan protein dari daging ayamnya.

Baca Juga: Nikmatnya Gulai Lobster hingga Kopi Turki Buat Buka Puasa Ada di Resto Ini

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com