ADVERTISEMENT

8 Manfaat Sehat Konsumsi Kurma untuk Tubuh

Riska Fitria - detikFood
Minggu, 10 Apr 2022 05:00 WIB
Manfaat kurma
Foto: iStock
Jakarta -

Kurma dapat dikatakan sebagai buah dengan sejuta manfaat kesehatan. Mulai dari menyehatkan mata, tulang hingga kulit agar bersinar.

Kurma identik dengan bulan suci ramadan. Sebab mengonsumsi kurma saat sahur dan berbuka puasa merupakan salah satu sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Tidak hanya mendapat pahala, dengan mengonsumsi kurma juga bisa mendapat manfaat kesehatannya. Kurma mengandung sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mulai dari antioksidan, vitamin, mineral hingga serat alami. Maka tak heran jika makan kurma bisa menghindari tubuh dari berbagai penyakit.

Dikutip dari Pharm Easy, berikut 8 manfaat sehat mengonsumsi kurma:

1. Kaya Akan Antioksidan

Manfaat kurmaManfaat kurma adalah memiliki banyak antioksidan Foto: iStock

Kurma kaya akan antioksidan yang dapat menangkal penyakit dan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya dalam tubuh.

Antioksidan yang terkandung dalam kurma antara lain ada karotenoid untuk kesehatan jantung. Ada flavonoid untuk kesehatan mata dan asam fenolik untuk mengurangi risiko penyakit kanker.

Baca Juga: 6 Tips Menu Diet Saat Puasa dari Dokter, Bagus Buat Panduan!

2. Memperkuat Tulang

Makan kurma dapat memperkuat tulang. Itu karena kurma dikemas dengan tembaga, selenium dan magnesium yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, kurma kaya akan vitamin K yang berperan untuk mengatur pembekuan darah dan membantu metabolisme tulang kamu. Penderita osteoporosis disarankan rutin makan kurma.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat kurmaManfaat kurma bisa meningkatkan kesehatan otak Foto: iStock

Kurma mengandung kolin, vitamin B yang sangat bermanfaat untuk proses belajar. Rutin makan kurma bisa meningkatkan daya ingat sehingga terhindar dari penyakit Alzheimer.

Manfaat lanjutan dari Kurma pada kesehatan otak adalah dapat mengurangi peradangan dan mencegah pembentukan plak di otak. Buah ini juga baik untuk meningkatkan kinerja kognitif.

Baca Juga: Ada Singapore Chili Crab hingga Jenahak Pedas untuk Buka Puasa di Restoran Ini

4. Memperlancar Sistem Pencernaan

Makan kurma juga baik untuk sistem pencernaan. Itu karena kurma mengandung serat alami. Dalam 100 gram kurma mengandung serat alami hampir sebanyak 8 gram.

Serat alamat tersebut yang akan membantu mengatur pergerakan usus dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan sehingga menghindari dari sembelit.



Simak Video "Pos Ketan Legenda, Camilan Legendaris di Pasar Laron Batu"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT