Huaah! Rasa Nampol Ayam Penyet Pedas Mendesah di Pusat Jajanan PSB Kelapa Gading

ADVERTISEMENT

Huaah! Rasa Nampol Ayam Penyet Pedas Mendesah di Pusat Jajanan PSB Kelapa Gading

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 19 Mar 2022 16:00 WIB
Ayam Penyet Pedas Mendesah
Foto: detikFood/Devi S. Lestari
Jakarta -

Buat penggemar makanan pedas, jangan sampai melewatkan menu ini saat kulineran di kawasan PSB Kelapa Gading. Ada ayam penyet pedas mendesah yang dijamin bikin berkeringat. Huaaah!

Puluhan menu makanan di pusat jajanan PSB Kelapa Gading pasti bikin siapapun lapar mata. Deretan makanan enak terlihat menggoda selera, belum lagi aromanya yang semerbak bikin perut semakin lapar.

Salah satu makanan yang bisa kamu coba adalah ayam penyet. Di sini ada racikan ayam penyet yang pedasnya nampol. Namanya Ayam Penyet Pedas Mendesah.

Ayam Penyet Pedas MendesahAyam Penyet Pedas Mendesah Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Sesuai dengan namanya, menu andalan di sini tentu saja ayam penyet. Ada pilihan bagian dada dan paha dengan ukuran besar. Ayam yang sudah diungkep dengan bumbu kuning ini lantas digoreng sampai matang dan disajikan dengan sambal berlimpah.

Ami, pemilik Ayam Penyet Pedas Mendesah, mengatakan sambal racikannya punya rasa pedas segar yang bikin mendesah. "Namanya Ayam Penyet Pedas Mendesah ya karena sambalnya yang super pedas, enak. Jadi kalau makan bikin huaah huaah," kata Ami sambil tertawa.

Ia juga mengatakan menggunakan bahan berkualitas sehingga menjamin semua makanannya punya rasa enak.

"Cabai, ayam, bumbu, petai, semua fresh biar rasanya enak. Pembeli yang ngerasain juga tahu ya, tahu rasa. Jadi balik lagi, beli lagi," ujar Ami.

Ami yang berjualan hampir setahun di kawasan PSB Kelapa Gading ini juga menjamin rasa sambal buatannya super pedas. Sambal diracik ketika warung baru buka. Dalam sehari Ami bisa menghabiskan rata-rata 5 kilogram cabai rawit merah.

"Kalau mau lihat proses ulegnya, kita memang baru uleg pas buka. Jadi keliatan bahan yang dipakai segar. Cabai mentah diuleg bersama bumbu lainnya, baru nanti disiram minyak panas," lanjut Ami.

Ayam Penyet Pedas MendesahAyam Penyet Pedas Mendesah Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Selain ayam goreng, di sini juga ada menu pelengkap seperti tempe, tahu, aneka sate usus, hingga ampela, dan juga petai. Menu tambahan yang tak kalah menarik adalah sambal tempe kemangi yang pedas dan harum.

Untuk paket nasi dengan ayam penyet dibanderol dengan harga Rp 18 ribu. Sementara untuk sate usus dan ati ampela masing-masing Rp 5 ribu, tempe dan tahu Rp 1.500an, serta sambal tempe kemangi Rp 5 ribu. Harganya terbilang terjangkau.


Kami merasakan langsung sensasi ayam penyet Pedas Mendesah ini. Sambal yang disajikan memang tak main-main banyaknya, bahkan hampir seluruh bagian ayam tertutup sambal. Dari aromanya saja sudah terbayang rasa pedasnya.

Benar saja, sensasi rasa pedas sambalnya benar-benar membuat mendesah. Huaahh...

Meskipun pedas, sambal ini terasa gurih enak. Demikian juga dengan ayamnya yang terasa sedap bumbu. Semakin mantap jika dinikmati bersama nasi putih hangat serta menu pendamping lainnya.

Selama berjualan di kawasan PSB Kelapa Gading ini, Ami mengatakan pembelinya ramai. Ada yang membeli untuk makan di tempat maupun untuk dibawa pulang. Di sini memang tersedia tempat makan lesehan sederhana namun cukup nyaman.

Ayam Penyet Pedas Mendesah ini buka setiap hari mulai pukul 17.00 hingga 22.00 WIB. Siap-siap ditampol pedasnya sambal sampai mendesah!



Simak Video "Makan Penyetan Sampai Keringetan di Ayam Penyet Pedas Mendesah"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT