ADVERTISEMENT

Mencicipi Paduan Cokelat Couverture Indonesia dengan Hidangan Prancis

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 18 Mar 2022 13:30 WIB
Mencicipi Paduan Cokelat Couverture Indonesia dengan Hidangan Prancis
Foto: Embassy Chocolate
Jakarta -

Belum banyak orang tahu kalau Indonesia punya produk cokelat couverture lokal berkualitas internasional. Produk ini bahkan cocok diaplikasikan ke dalam hidangan fine dining Prancis seperti tuna carpaccio hingga steak Black Angus.

Sebagai salah satu negara penghasil kakao terbesar di dunia, produk cokelat lokal Indonesia tak bisa disepelekan. Dari kategori cokelat masak, ada produk cokelat couverture buatan Indonesia yang telah mendunia.

Namanya Embassy Chocolate yang diproduksi PT Freyabadi Indotama sejak 2001. Jenis cokelat ini berbeda dari cokelat compound karena couverture dibuat dari kakao massa dan lemak kakao sehingga kerap disebut sebagai 'real chocolate'. Berbeda dengan cokelat compound yang terbuat dari kakao bubuk dan lemak nabati.

Hadirnya Embassy Chocolate melengkapi produk cokelat compound merek Tulip yang sudah lebih dulu terkenal dari perusahaan ini. Bukan tanpa alasan mereka kini fokus mengembangkan cokelat couverture.

Mencicipi Paduan Cokelat Couverture Indonesia dengan Hidangan PrancisRagam produk cokelat couverture produksi Embassy Chocolate. Foto: Embassy Chocolate

Dalam acara 'The Embassy Chocolate Dining Experience' (16/3/2022), Executive Pastry Chef Louis Tanuhadi dari Embassy Chocolate mengatakan kini orang-orang Indonesia makin menggemari cokelat berkualitas. "Orang-orang kini mulai tahu tekstur waxy (seperti lilin) dari cokelat couverture yang lebih premium," tuturnya.

Embassy Chocolate memiliki 7 produk yaitu Embassy Continental Blend Dark Chocolate Couverture 75%, Embassy Oceanic Blend Dark Chocolate Couverture 65%, Embassy Equatorial Blend Dark Chocolate Couverture 56%, Embassy Azalea Milk Chocolate Couverture 34%, Embassy Zen White Chocolate 33%, Embassy Torres Dark Chocolate Chips 51%, dan Embassy Rainforest Dark Chocolate Batons 52%.

Semua cokelat di atas diproduksi di Indonesia dengan menggunakan 100% real cocoa butter dan ekstrak vanilla alami. "Selain itu, kami menggunakan teknik kakao campuran dimana kami mengambil sifat-sifat terbaik dari biji kakao pilihan asal Amerika, Asia dan Afrika untuk menghasilkan produk cokelat couverture dengan karakter yang khas," ujar Brand Executive Embassy Chocolate, Karina Andjani Putri.

Tiap produk Embassy Chocolate memiliki profil rasa dan kecocokan penggunaan masing-masing, namun secara umum aplikasinya serbaguna. Cokelat couverture bisa dipakai untuk membuat praline, cokelat batangan, dijadikan 'coating', campuran adonan kue dan roti, isian roti, hingga pembuatan ganache dan saus cokelat.

Mencicipi Paduan Cokelat Couverture Indonesia dengan Hidangan PrancisChef Gilles Marx dari AMUZ Gourmet Group sedang menyiapkan berbagai hidangan dengan sentuhan cokelat Foto: Embassy Chocolate

Cokelat couverture bahkan bisa 'dijodohkan' dengan hidangan fine dining Prancis, termasuk pada hidangan utama yang rasanya gurih. detikfood membuktikannya dalam rangkaian acara The Embassy Chocolate Dining Experience yang berlangsung di AMUZ Gourmet Restaurant, SCBD.

Para chef Embassy Chocolate bekerja sama dengan Chef Gilles Marx dari AMUZ Gourmet Group membuat 6 hidangan Prancis istimewa dengan sentuhan cokelat. Hidangan ini terbagi dari Amuse Bouche hingga dessert.

Pertama, sup krim jamur yang 'dijodohkan' dengan white chocolate-truffle crumble. Kombinasi rasa gurih dan manisnya terasa nikmat, apalagi ada paduan tekstur dari penambahan crumble yang agak renyah ke dalam sup krim yang kental dan creamy.

Mencicipi Paduan Cokelat Couverture Indonesia dengan Hidangan PrancisMencicipi carpaccio tuna yang disajikan bersama salad sayuran segar. Foto: detikfood

Kedua, kami dimanjakan dengan carpaccio tuna yang disajikan bersama salad sayuran segar. Menu ini disuguhkan bersama mocktail cokelat-kopi-pisang sebagai 'pairing' minumannya.

Lalu ada fillet salmon panggang yang disajikan bersama saus putih berbahan Embassy Zen White Chocolate 33%. Saus ini memberi sentuhan rasa manis dan creamy yang pas, lengkap dengan after taste cokelat yang ringan.

Menyusul steak tenderloin Black Angus, menu ini tak kalah nikmat, apalagi disajikan bersama sumsum panggang yang gurih creamy, puree wortel yang agak manis, dan saus cokelat berbahan Embassy Continental Blend Dark Chocolate Couverture 75%. Rasa saus ini sangat unik. Ada manisnya, gurihnya, dan sentuhan sedikit rasa pahit.

Mencicipi Paduan Cokelat Couverture Indonesia dengan Hidangan PrancisCannoli cokelat dengan paduan white chocolate rasa kelapa dan mango chantilly yang asam, manis, dan segar. Foto: detikfood

Pada menu kelima, kami disuguhkan pre dessert buatan chef The Embassy Chocolate. Berupa cannoli cokelat dengan paduan white chocolate rasa kelapa dan mango chantilly yang asam, manis, dan segar. Dessert cantik ini sukses menyegarkan mulut.

Untuk dessert utamanya, AMUZ mengeluarkan cokelat jelly dengan dark chocolate 75% beraroma kayu manis. Dessert ini juga berisi coffee mousse dan hazelnut cremèux. Paduan semua elemen ini terasa enak dalam satu suapan.

Oh ya, untuk benar-benar menutup santapan, detikfood juga disuguhi pilihan teh atau kopi untuk mengiringi 3 camilan cokelat buatan chef The Embassy Chocolate. Ada keffir lime ganache yang wangi agak asam, dark chocolate truffle yang manis sedikit pahit, dan raspberry-earl grey financier yang rasanya cenderung asam, manis, dan menyegarkan.

Mengenai rencana ke depannya, Karina mengatakan, 'The Embassy Chocolate Dining Experience' akan kembali digelar beberapa kali dalam tahun ini khusus bagi pelanggan Embassy Chocolate." Ia juga memperkenalkan bahwa produk Embassy Chocolate kini bisa dibeli via marketplace.



Simak Video "Menjajal Kuliner Khas Makassar yang Jadi Favorit Pilot dan Pramugari"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT