BTS Effect! Perusahaan Asal Korsel Bawa Gochujang Halal ke Indonesia

Zefanya Aprilia - detikFood
Sabtu, 12 Mar 2022 21:17 WIB
Gochujang
Foto: dok. CJ Indonesia
Jakarta -

Kuliner Korea semakin populer berkat K-wave atau gelombang korea yang semakin mendunia. Seperti bagaimana Jimin, anggota grup idola papan asal Korea yaitu BTS, tampil saat mengonsumsi tteokbokki dan membuat para ARMY maupun masyarakat lainnya tertarik untuk mencoba.

Eksposur tteokbokki dari BTS tersebut mampu meningkatkan volume ekspor tteokbokki dan gochujang di Korea pada 2021. Menurut data dari pasar subdivisi makanan olahan yang diterbitkan oleh perusahaan distribusi makanan pertanian Korea dan Kementerian Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, tteokbokki mengalami lonjakan ekspor hingga 56,7%.

Selain tteokbokki, produk lainnya yang sangatlah kompetitif adalah gochujang. Lonjakan ekspor produk ini mencapai mencapai 35,2%. Berdasarkan data dari Nielsen Korea, Gochujang Haechandle memimpin pasar penjualan gochujang di Korea dan telah berhasil menjadi merek nomor 1 yang dipilih konsumen sejak 2007 hingga 2020.

Gochujang adalah pasta cabai terbuat dari beras ketan, fermentasi kedelai, malt, sirup jagung, dan garam yang telah digunakan sejak akhir abad ke-16 di Korea. Banyak yang tak tahu bahwa akar rasa kenikmatan kuliner Korea seperti tteokbokki adalah bersumber dari gochujang.

Potensi tersebut kemudian dilirik perusahaan CJ Indonesia untuk mengenalkan produk khas Korea, yakni gochujang.

"CJ melihat adanya peluang bisnis yang menjanjikan dari bisnis K-Food di Indonesia, makanya kami melakukan ekspansi produk yang cukup besar saat ini. Salah satunya dengan mengenalkan gochujang yaitu sambalnya orang Korea kepada masyarakat Indonesia," ujar Presiden Direktur CJ Indonesia Grup Shin Hee Sung.

Selain itu, CJ Foods juga berencana membangun pabrik kimchi di Indonesia agar permintaan kimchi tak perlu lagi impor dari Korea.

"Kami juga berencana mengembangkan berbagai produk asal Korea yang kami miliki untuk disesuaikan dengan lidah orang Indonesia sehingga akan lebih mudah diterima masyarakat Indonesia," tambah Shin.

GochujangFoto: dok. CJ Indonesia

Selain informasi soal investasi, CJ indonesia juga mengadakan Bibimbap Challenge. Lalu apa itu bibimbap? Bibimbap atau nasi campur ala Korea ini biasanya disajikan dengan berbagai sayuran kemudian ditambahkan telur mata sapi di atasnya. Kunci dari kenikmatan bibimbap adalah pada gochujang dan minyak wijen serta nasi yang panas yang kemudian diaduk merata.

Kamu yang tertarik mengikuti Bibimbap challenge X Gochujang Haechandle dapat melihat info lebih detailnya di Instagram @cjfoodsindonesia dan menangkan hadiah utama Samsung Galaxy Z Flip3. Kirimkan video terbaik kalian melalui Instagram/Tiktok dengan hashtag #cjbibimbapchallenge dan mention akun IG/Tiktok @cjfoodsindonesia sebelum tanggal 27 Maret 2022.



Simak Video "Bikin Laper: Masissda! Rekomendasi Kuliner Buat Pencinta Drakor"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)