Unik! Makan Burrito-Macaroni dalam Kemasan Jar, Mau Coba?

Erika Dyah - detikFood
Sabtu, 05 Mar 2022 10:21 WIB
Cobain Sensasi Unik Makan Burrito-Macaroni dalam Jar, Mau?
Foto: Dok. Instagram/@alwaysinjar
Jakarta -

Inovasi di bidang bisnis kuliner memang tak ada habisnya. Salah satunya datang dari 3 orang anak muda di Jakarta yang membuat inovasi makanan dalam kemasan jar atau botol kaca. Mau tahu?

Ketiga anak muda yang terdiri dari Fitri Nur Rizki, Fatima Amalia (Amel), dan Hanifah Rizkyana ini mendirikan bisnis kuliner bernama Always In Jar sejak 2020 lalu. Sesuai namanya, menu-menu yang mereka tawarkan dikemas dalam botol kaca atau jar layaknya wadah selai yang biasa kita temukan sehari-hari.

Fitri menceritakan ia bersama dua kawan lainnya merupakan sahabat sejak SMP. Sebelumnya, ketiga sahabat ini sama-sama memiliki bisnis masing-masing. Ketiganya sering bertemu dan berbagi cerita tentang bisnis yang dijalani. Namun, tak jarang mereka merasa memiliki banyak kekurangan di bisnis masing-masing yang jika digabung justru bisa saling melengkapi satu sama lain.

Akhirnya, di 2019 Fitri bersama Amel dan Hanifah memutuskan berbisnis bersama dengan membuka usaha dessert cake. Namun, masih banyak kendala yang harus mereka hadapi di awal belajar bisnis bersama.

"Terus akhirnya di 2020 kita memutuskan untuk mengganti bisnis dessert cake ini dengan sesuatu yang baru. Terobosan inovasi makanan yang belum pernah ada di Indonesia. Sampai akhirnya kita menemukan ide Pizza in jar," ungkap Fitri kepada detikcom.

Fitri mengaku ia dan kedua sahabatnya memiliki keunggulan masing-masing dalam berbisnis. Menurutnya, dirinya unggul di bidang marketing, sementara Amel di bidang produksi, dan Hanifah di bidang editing.

"Jadi ketika ide itu muncul kita langsung tentukan konsepnya, atur strategi marketingnya, dan penyusunan resepnya," katanya.

Ia mengungkap bisnis kulinernya ini pun mulai dilaunching pada 28 Juni 2020 dengan menu awal Pizza in Jar dan Macaroni Cordon Bleu in Jar. Inovasi ketiganya tak berhenti di situ saja, sebab ada menu lain yang ditawarkan berupa makanan ala Korea, Tteokbokki in Jar serta masakan khas Meksiko, Burrito in Jar.

Cobain Sensasi Unik Makan Burrito-Macaroni dalam Jar, Mau?Foto: Dok. Instagram/@alwaysinjar

Meski dikemas dalam jar ukuran 330ml saja, isian makanan produksi mereka terbilang cukup lengkap lho. Misalnya Burrito in Jar yang terdiri dari roti pita, ayam, saus blackpepper, jamur, kentang, jagung, lettuce, mayonais, serta saus keju homemade. Dijamin kenyang!

Fitri menjelaskan dalam sebulan bisnisnya bisa menjual sekitar 200 jar beraneka menu. Sehingga, mereka bisa meraup omzet Rp5-8 juta per bulannya.

Mengingat situasi pandemi, bisnis mereka hingga kini masih dijalankan melalui kanal online saja. Jadi, mereka pun memaksimalkan pemasaran melalui media sosial, seperti TikTok dan Instagram (@alwaysinjar). Untuk pengiriman, Always In Jar juga mengandalkan ekspedisi seperti Paxel yang bisa mengirim makanan ke berbagai kota di Indonesia dengan cepat.

Demi terus mengembangkan usaha, ketiganya pun mengikuti program pengembangan bisnis kuliner seperti 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' dari detikcom dan Kraft Heinz Food Service. Hal ini dilakukan guna menambah portofolio bisnis dan wawasan seputar pengembangan bisnis.

"Kami berharap Always In Jar bisa berkembang lebih besar lagi," pungkas Fitri.

(akd/ega)