Sensasi Nikmat Makan Ayam Panggang Wonogiri Langsung di Dapur Warungnya!

Muhammad Aris - detikFood
Senin, 28 Feb 2022 13:30 WIB
Salah satu pelanggan saat menikmati ayam panggang di dapur Warung Makan Bu Bari, Sabtu (26/2/2022).
Foto: Muhammad Aris/detikJateng
Wonogiri -

Wonogiri punya makanan khas berupa ayam panggang. Salah satu warung terkenal yang menyediakannya adalah Ayam Panggang Bu Bari. Di sini kamu bisa makan langsung di dapur warungnya!

Warung Ayam Panggang Bu Bari letaknya agak jauh dari pusat kota Wonogiri, sekitar 47 kilometer. Lokasi tepatnya di Dusun Timbangan, Desa Karangtengah, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri.

Tak perlu khawatir dengan jauhnya, rasa lelah akibat menempuh perjalanan bakal 'terbayar' dengan nikmatnya menyantap ayam panggang. Racikan ayam panggang di sini sudah ada sejak 1995.

Selain rasa yang enak, Ayam Panggang Bu Bari menawarkan sensasi dan suasana berbeda saat para pelanggannya menikmati hidangan yang disediakan. Pelanggan bisa langsung menikmati makanan di dapur, sembari melihat langsung proses memanggang ayam. Unik bukan?

Sebenarnya sudah disediakan tempat untuk makan di luar dapur bagi pelanggan, namun rata-tata pembeli lebih memilih makan di dalam dapur. Lokasi dapur berada di bawah tempat makan. Pembeli bisa masuk ke dapur dengan melewati anak tangga.

"Tempat makan yang kami sediakan justru jarang dipakai. Pembeli lebih memilih makan di dalam dapur," kata pemilik Warung Makan Ayam Panggang Bu Bari, Suparmi, saat ditemui detikJateng di warungnya, Sabtu (26/6/2022).

Saat makan, pembeli akan merasakan sensasi makan di dapur tradisional dimana proses masaknya masih menggunakan tungku. Selain itu, hawa dingin akan terasa karena Karangtengah termasuk wilayah dataran tinggi di Wonogiri.

Suparmi menuturkan, dirinya masih menggunakan cara memasak zaman dulu untuk mempertahankan cita rasa khas menunya. Ayam dipanggang di atas tungku pawon yang dibawahnya menggunakan arang.

Salah satu pelanggan saat menikmati ayam panggang di dapur Warung Makan Bu Bari, Sabtu (26/2/2022).Menu satu ekor ayam panggang di Warung Makan Bu Bari, Sabtu (26/2/2022) yang ada di Wonogiri. Foto: Muhammad Aris/detikJateng

Menurut dia, jenis ayam yang dipanggang merupakan ayam jawa asli. Ayam dipanggang sebanyak dua kali di atas tungku menggunakan bumbu racikan agar benar-benar meresap hingga ke dalam daging.

"Kalau sehari habis sekitar 20 ekor. Kalau ada pesanan bisa lebih, kadang 30 ekor, kadang juga lebih. Itu ayam kampung semua, tidak jual ayam potong," ungkap dia.

Harga ayam panggang di Rumah Makan Bu Bari bervariasi. Ayam panggang utuh mulai dari Rp 90.000-Rp 110.000, tergantung ukuran. Begitu juga dengan harga per potong, mulai dari Rp 20.000-Rp 25.000.

"Makanan lainnya ada oseng tempe, gudangan atau urap, bacem dan lalapan. Satu paket, ada nasi dan oseng ambil sendiri, lalu lalapan serta minum, harganya Rp 30.000," kata Suparmi.

Salah satu pelanggan di Rumah Makan Bu Bari adalah Andika, warga Kecamatan Baruwarno, Wonogiri. Menurutnya, salah satu keistimewaan Ayam Panggang Bu Bari berasal dari ayam jawa asli dan cara memasaknya masih tradisional.

"Rasanya enak dan lezat, bumbunya meresap. Selain itu sambal bawangnya juga cocok di lidah, pedas dan segar," kata Andika.



Simak Video "Menikmati Lezatnya Ayam Panggang Kuliner Khas Wonogiri"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)