Berita Terpopuler

Hukum Menerima Cokelat Valentine hingga Wanita Tangkap Tuna Bluefin 450 Kg

Tim detikfood - detikFood
Selasa, 15 Feb 2022 09:30 WIB
Gokil! Wanita Ini Berhasil Tangkap Ikan Tuna Bluefin Seberat 450 Kg Sendirian
Foto: Ladbible
Jakarta -

Hukum menerima cokelat Valentine menarik perhatian pembaca. Ada juga wanita yang berhasil tangkap tuna bluefin 450 kg hingga 10 makanan yang dikonsumsi orang tersehat di dunia.

Setiap tanggal 14 Februari banyak yang memperingati sebagai hari kasih sayang atau Valentine. Pada hari yang dianggap spesial tersebut banyak pasangan yang berbondong-bondong merayakannya dengan memberikan atau bertukar hadiah. Biasanya hadiah yang paling identik dengan Valentine ini adalah cokelat. Lantas bagaimana hukumnya jika ada Muslim yang menerima cokelat di hari Valentine?

Selain itu ada juga seorang yang wanita yang berhasil menangkap ikan berukuran raksasa. Ikan berjenis tuna bluefin ini dikenal sebagai ikan yang paling mahal karena berbagai alasan. Ukurannya yang besar, keberadaannya yang langka hingga rasa dagingnya yang spesial membuat ikan tuna bluefin dianggap sebagai ikan 'Sultan'. Tetapi seorang wanita di perairan Hampton Beach berhasil menangkap ikan ini sendirian.

Ada juga sepuluh jenis makanan yang dikonsumsi secara rutin oleh orang tersehat di dunia. Asupan makanan tentunya sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh manusia. Hal ini membuat Dokter Steve Bowers dan istrinya, mencari tahu makanan apa saja yang dilahap setiap hari oleh orang-orang tua yang masih sehat hingga kini. Sampai akhirnya dirinya merangkum makanan-makanan tersebut dalam sebuah buku.

Berikut ini berita terpopuler yang menarik perhatian pembaca kemarin (14/2):

Cokelat valentineBuya Yahya jelaskan hukum menerima cokelat Valentine bagi Muslim. Foto: iStock

1. Hukum Menerima Cokelat Valentine dalam Islam

Hari Valentine atau hari kasih sayang selalu dirayakan setiap tahun di tanggal 14 Februari. Hari Valentine sendiri memiliki 2 versi kisah dalam sejarahnya. Ada yang mengatakan bahwa hari Valentine diperingati sebagai pendeta bernama Valentine dipukuli dan berakhir dipancung pada tanggal 14 Februari 78 Masehi dan festival yang identik dengan tradisi nenek moyang melakukan seks.

Dalam Islam, tidak dikenal perayaan yang disebut hari Valentine setiap tahunnya. Bahkan ulama sepakat merayakan hari Valentine bagi seorang Muslim hukumnya adalah haram. Lantas bagaimana jika seorang Muslim menerima cokelat di hari Valentine seperti kebanyakan orang lainnya?

Dalam hal ini, Buya Yahya memiliki penjelasan, yakni cokelat pemberian Valentine boleh dimakan asalkan satu hal yang harus diperhatikan. Buya Yahya juga menyamakan dengan diperbolehkannya umat Muslim menerima makanan dari orang nasrani yang merayakan natal. Makanan itu halal dimakan, yang ditakutkan adalah pengagungan syiar yang membuat cokelat Valentine menjadi haram dikonsumsi.

Baca juga: Hukum Menerima Cokelat Valentine dalam Islam Menurut Buya Yahya