Tipis dan Renyah, Inovasi Pizza ala Mister Master Pizza Sudiang

Muhamad Yoga Prastyo - detikFood
Senin, 14 Feb 2022 16:16 WIB
mistermaster_pizzasudiang
Foto: Instagram/mistermaster_pizzasudiang
Jakarta -

Pizza merupakan salah satu makanan western food yang banyak digemari. Makanan khas Italia itu kini sudah menjadi salah satu makanan dengan cita rasa yang bisa diterima oleh lidah orang Indonesia.

Di beberapa kota, pizza umumnya ditemukan di restoran tertentu saja sehingga target pasarnya terbatas. Namun belakangan, banyak ditemui pula pizza yang dibuat secara home-made atau muncul dari UMKM lokal hingga bisa dinikmati lebih banyak orang.

Salah satu pengusaha yang memiliki ide usaha pizza dengan sentuhan ala rumahan ini adalah Ahmad Faisal. Pria asal Makassar itu mulai mencoba peruntungannya dengan bisnis pizza yang diberi nama Mister Master Pizza Sudiang.

Berbeda dengan pizza pada umumnya, ciri khas dari pizza milik Faisal yaitu terletak pada bentuk dan teksturnya. Jika pizza pada umumnya mempunyai volume yang tebal, Faisal memilih untuk menjual pizza yang tipis sehingga menimbulkan kesan renyah tiap gigitannya. Ia pun menyebutnya sebagai 'Thin Pizza'.

"Dimulai sekitar satu tahun yang lalu, sejak pandemi. Semua pekerjaan dilakukan di rumah. Dari sanalah cerita bermula," katanya kepada detikcom.

Walau disebut sebagai home-made pizza, namun Faisal tidak menghilangkan konsep western food pada pizza buatannya. Hal ini terlihat dari varian menu yang dimiliki seperti Rasher & Chicken BBQ. The Classic, Chick & Wurstel, Tuna, Meat Lovers, Double Cheesy, Eggs & Beef, Chicken Pepperocino, Calzone, Seafood, Beef Buffalo Chick, dan Supreme Beef.

Faisal pun kini tengah berinovasi dengan membuat pizza berbentuk bintang atau yang diberi nama 'Six Star Bites'. Dengan harga Rp 35 ribu sampai dengan Rp 45 ribu, konsumen sudah dapat menikmati berbagai macam pizza di Mister Master Pizza Sudiang ini.

Dari usaha yang ia jalani, Faisal pun mengaku pendapatannya cukup besar. Dalam sebulan, ia mampu menjual hingga 450 porsi dengan keuntungan sekitar Rp 15-Rp 20 juta. Ia pun kini telah mempunyai outlet di Makassar.

Sayangnya, situasi pandemi membuat penjualan Mister Master Pizza Sudiang mengalami penurunan. Hal ini tidak lepas dari perilaku konsumen yang cenderung mulai berhemat akibat pandemi. Untuk itu, ia pun memilih untuk menjual makanan secara online sebagai solusi menjangkau target konsumen yang lebih luas.

"Tentu menjual produk secara online akan lebih baik," ucapnya.

Usaha Faisal pun tidak berhenti sampai di situ saja. Ia juga mengikuti program 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' dari detikcom dan Kraft Heinz Food Service untuk meningkatkan pengetahuannya soal pengembangan bisnis.

Ia pun berharap, keikutsertaannya di program ini dapat membantunya lebih berkembang lagi. Khususnya, ia berharap dapat meningkatkan jumlah penjualan Mister Master Pizza Sudiang.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)