Slurpp! Es Teler dan Mie Ayam Enak Buatan Warung Misur Sejak 1975

ADVERTISEMENT

Slurpp! Es Teler dan Mie Ayam Enak Buatan Warung Misur Sejak 1975

Kartika Bagus - detikFood
Kamis, 10 Feb 2022 15:30 WIB
Mencicipi es teler dan mie ayam Misur di Sukoharjo.
Foto: Kartika Bagus/detikJateng
Sukoharjo -

Kuliner legendaris mudah ditemui di berbagai daerah Indonesia. Di Sukoharjo ada warung makan sejak 1975 yang tawarkan es teler dan mie ayam enak. Slurpp!

Pencinta es teler dan mie ayam wajib mampir ke Warung Misur saat ke Sukoharjo. Lokasinya di Kampung Bulak, Desa Dukuh, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo.

Meski lokasinya cukup terpencil, warung ini selalu dipenuhi pengunjung, terutama pada waktu makan siang. Mengenai lokasinya, untuk menjangkau Warung Misur harus menempuh 30 menit perjalanan dari kota Solo.

Warung Misur tergolong tempat makan legendaris karena sudah ada sejak 1975. Awalnya, yang berjualan adalah Suroso Narso Miguno atau Pak Misur sehingga lambat laun warung ini dikenal dengan nama Warung Misur.

Mencicipi es teler dan mie ayam Misur di Sukoharjo.Warung Misur tawarkan aneka es dan mie ayam sedap Foto: Kartika Bagus/detikJateng

Pengelola warung Misur, Suyatno (49) mengatakan, saat pertama kali buka, warung ini sudah menjual menu es komplit. Mulai dari es cokelat, es buah, hingga es santan.

"Namun baru es telernya menyusul kemudian, selang beberapa tahun kemudian tambah menu bakso, mie ayam dan miso", tambah Suyatno.

Suyatno menyebut rahasia keenakan masakannya adalah pada kualitas bahan-bahan yang dipakai. Es teler buatannya, lanjutnya, menggunakan buah-buahan segar dan bagus.

"Untuk buah alpukat setiap harinya harus baru, demikian juga dengan buah nanas, pepaya dan mangga juga harus baru setiap harinya", jelasnya.

"Sementara susu dan sirupnya harus asli tanpa bahan pengawet, menjadikan rasanya tidak eneg. Apalagi soal kemanisannya bisa disesuaikan dengan permintaan pembeli," tambah Suyatno.

Mencicipi es teler dan mie ayam Misur di Sukoharjo.Mie ayam buatan Warung Misur dengan topping daging ayam dan bakso Foto: Kartika Bagus/detikJateng

Sementara untuk racikan mie ayam, lanjutnya, keistimewaannya ada pada topping daging ayam yang dicincang dengan ukuran besar dan menggoda. "Apalagi baksonya yang berkualitas dagingnya nomor satu," tuturnya.

Seluruh resep itu, dihidangkan dalam satu sajian menarik. Tak heran, warung ini selalu ramai pembeli terutama saat jam makan siang.

Salah satunya pelanggan asal Karanganyar, Aga (20) mengaku suka makan mie ayamnya. Menurut Aga, rasa mie ayam buatan Warung Misur tidak terlalu manis sehingga ringan di mulut.

"Langganan saya mie ayam, sangat favorit. Rasanya ringan nggak terlalu manis banget, menurut saya pas banget", jelasnya.

Mencicipi es teler dan mie ayam Misur di Sukoharjo.Racikan es teler di Warung Misur juga layak dicoba Foto: Kartika Bagus/detikJateng

Lain lagi dengan Roila (31), karyawan swasta ini bersama rombongan sengaja mampir untuk makan siang. Menurutnya rasa menu di sini enak. Ia baru pertama kali mencoba.

"Rasanya autentik, kayak mie ayam zaman dahulu, nggak sama dengan yang lain. Es telernya porsinya besar terus enak buahnya, recommended-lah," kata dia.

Untuk bisa menikmati semangkuk es teler jumbo, kamu cukup merogoh kocek Rp 7 ribu saja. Sementara untuk mie ayam baksonya, seharga Rp 11 ribu saja. Selamat mencoba!



Simak Video "Unik! Ada Mie Ayam Sapi Pedas di Dekat Stasiun MRT Cipete"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT