Jempol! Pengusaha Frozen Food Ini Bagi Ayam Kalasan Gratis ke Ojol

Zefanya Aprilia - detikFood
Selasa, 08 Feb 2022 10:46 WIB
Frozen Food Ayam Kalasan
Foto: Instagram @resep_nyonyakim
Jakarta -

Sejak pandemi COVID-19 menerpa Indonesia, usaha frozen food kian digandrungi oleh pelaku usaha. Sebab, frozen food atau makanan beku bisa jadi pilihan praktis bagi yang tidak punya banyak waktu untuk masak.

Selain pengolahannya mudah dan cepat, frozen food juga dapat disimpan dalam freezer untuk jangka waktu yang lama. Lantas, tak heran usaha ini jadi ramai pelanggan. Apalagi pandemi mengharuskan kita untuk mengurangi mobilitas.

Seperti Ayam Kalasan Resep Nyonya Kim milik Yanniamartha Purhaniawan asal Tangerang Selatan. Awalnya, Yanniamartha hanya menjadikan usaha frozen food itu sebagai pekerjaan sampingan.

"Resep Nyonya Kim awalnya usaha sampingan sambil kerja kantoran. Ketika pandemi, berhenti kerja karena anak SFH (study from home), barulah mulai serius untuk mulai merintis usaha Resep Nyonya Kim," kata Yanniamartha kepada detikcom baru-baru ini.

Uniknya, Yanniamartha mengaku penjualan bisnisnya itu tidak mengalami perubahan yang signifikan selama pandemi.

"Pandemi tidak terlalu berdampak karena penjualan dilakukan secara online dan layanan pengiriman GoSend, Grab, Paxel, dll masih bisa berjalan bahkan ketika pemberlakuan PPKM," jelasnya.

Ia mengaku dapat menjual kurang lebih 20 sampai 30 pack ayam kalasan frozen setiap bulannya. Strategi yang digunakan adalah menggunakan Instagram untuk meningkatkan branding Resep Nyonya Kim.

Yanniamartha juga menerapkan program PSBB (Pembelian Seekor Bagi-bagi Berkat), yaitu pembelian 1 ekor ayam kalasan akan gratis 1 potong ayam kalasan untuk driver ojek online yang membantu pengiriman.

Terhitung dari unggahan Instagram @resep_nyonyakim, ada lebih dari 25 driver yang mendapat ayam kalasan gratis. Meskipun usahanya terbilang stabil, Yanniamartha tetap rajin mencari ilmu untuk mengembangkan Resep Nyonya Kim.

Seperti dengan mengikuti program pengembangan usaha 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' dari detikcom bersama Kraft Heinz Food Service. Program tersebut sengaja digelar oleh detikcom dan Kraft Heinz Food Service untuk mendukung usaha kuliner Tanah Air agar bisa naik kelas.

"Saya ingin mendapatkan training terkait bisnis, juga modal usaha," ujar Yanniamartha menjelaskan alasannya mengikuti program detikcom dan Kraft Heinz.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)