Slurpp! Soto Tauto Bebek Pekalongan dengan Topping Tulang Kriuk

ADVERTISEMENT

Slurpp! Soto Tauto Bebek Pekalongan dengan Topping Tulang Kriuk

Robby Bernardi - detikFood
Minggu, 06 Feb 2022 09:30 WIB
Soto bebek tauto di Pekalongan
Foto: Robby Bernardi/detikcom
Pekalongan -

Di Pekalongan ada racikan soto khas yang menggunakan daging bebek. Bumbunya tauto dan diberi topping tulang bebek yang kriuk dan lembut. Nikmat!

Kreasi soto bebek yang unik ini disajikan oleh Soto Tauto Bebek Pak Topari. Tempat makan ini tergolong legendaris di Kabupaten Pekalongan karena sudah ada sejak 1960. Dulunya soto tauto Pak Topari dijajakan dengan berkeliling kampung.

"Dulu bapak jualan sejak tahun 1960-an, dengan keliling kampung. Kini, menetap di sini sudah 20 tahunan," kata anak Pak Topari, Ilham (39), kepada detikJateng, Jumat (4/2/2022).

Citarasa kaldu bebek yang dibumbui dengan rempah dan tauto begitu menggugah selera. Terlebih ditambah daging bebek empuk dan topping tulang bebek kriuk. Apa ya resepnya?

"Pakai daging bebek. Ya ada resep keluarga yang membuat daging bebek empuk, gurih. Ada juga tulang bebek, yang bisa dimakan kriuk-kriuk, terasa enak dengan tauco," tambah Ilham.

Tidak heran jika sore hari warung Soto Tauto Pak Topari ini selalu dibanjiri penikmat kuliner soto. Warung soto tauto khas Pekalongan ini buka dari sore hingga malam hari.

Salah seorang pelanggan, Lukman (24), mengatakan soto ini bikin ketagihan. Rasanya makin sedap ketika disantap saat masih panas.

"Tidak setiap hari sih saya ke sini. Hanya saja, kalau melintas di jalan ini, saya selalu mampir. Dagingnya empuk, ditambah tauto, saat panas enak dimakan, gembrobyos. Ditambah tulang kriuk. Mantab," kata Lukman.

Soto bebek tauto di PekalonganSoto bebek tauto di Pekalongan Foto: Robby Bernardi/detikcom

Dia menyebut, soto bebek memang jarang ditemui. Apalagi dengan campuran tauto.

"Biasanya kan soto itu daging atau ayam ya. Bebek jarang banget," ucapnya.

Soto ini disajikan dengan tauto atau bumbu tauco soto yang menimbulkan rasa asam namun segar. Bila tidak suka asam, pelanggan bisa memesan soto bebek tanpa tauto.

"Justru enaknya pakai tauto. Saya bukan asli Pekalongan, tapi saya suka tauto. Malah istri saya kalau lagi masak tumis kangkung, saya suruh pakai tauto. Apalagi ini soto bebek yang jarang ada, lihat saja langsung kemringet, jos," kata pelanggan asal Banjarnegara, Ramadhan (28).

Soto Bebek Tauto Pak Topari beralamat di Jalan Raya Gejlik, Kajen, Pekalongan, atau sekitar 6 km dari Pintu Exit Tol Bojong, Pekalongan, ke arah selatan. Seporsi soto dengan topping tulang kriuk dijual Rp 12 ribu semangkok.



Simak Video "Bikin Laper: Nikmatnya Soto Tauto Khas Pekalongan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT