Uniknya Olahan Rendang Lokan Asli Minang, Mau Coba?

Inkana Putri - detikFood Selasa, 25 Jan 2022 09:27 WIB
Langkok Kuliner Rendang Foto: Instagram/@langkok.kuliner
Jakarta -

Rendang, kuliner khas Minang ini memang jadi favorit banyak orang. Tak hanya di Indonesia, cita rasa gurih dan lezat rendang pun kini telah banyak memikat masyarakat di mancanegara.

Saking populernya, saat ini ada berbagai kreasi rendang, salah satunya seperti rendang lokan. Adapun lokan merupakan jenis kerang yang hidup di pesisir Sumatera Barat, termasuk Nagari Maligi. Selain menjadi sumber pangan, lokan juga seringkali dijual dan menjadi sumber pencaharian warga setempat.

Muhammad Ikon, menjadi salah satu warga yang melihat adanya potensi dari lokan. Ia pun menyulap lokan menjadi makanan olahan rendang siap saji dengan brand Langkok Kuliner. Ikon menambahkan, dirinya memutuskan untuk berbisnis rendang lokan karena banyaknya ketersediaan lokan yang belum dapat dimanfaatkan dengan baik.

"Kesediaan bahan baku yang melimpah namun tidak dimanfaatkan dengan baik. Selain menjadi sebuah ikon kuliner daerah ini juga membuka lapangan pekerjaan, itulah membuat saya untuk memulai usaha ini," katanya kepada detikcom.

Ikon menyebut, rendang lokan juga merupakan makanan yang cukup populer di Sumatera Barat. Bahkan, di wilayah Pasaman Barat, rendang lokan kerap disajikan sebagai hidangan di berbagai acara.

"(Rendang lokan) salah satu kuliner andalan Pasaman Barat, kuliner yang sering ada dalam hidangan di setiap jamuan makan di Pasaman Barat, seperti pesta pernikahan, acara pemerintah dan kegiatan adat lainnya," ujar Ikon dikutip dari Instagram/@langkok.kuliner.

Langkok Kuliner RendangFoto: Instagram/@langkok.kuliner

Hingga saat ini, rendang lokan milik Langkok Kuliner pun telah dikenal oleh berbagai masyarakat. Bahkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pun sempat mengunjungi stand pameran Langkok Kuliner dalam acara Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 di Medan.

Tak hanya itu, setiap bulannya rendang lokan Langkok Kuliner juga telah dapat terjual hingga 100 pcs dengan omzet Rp 4 juta. Dikatakan Ikon, hal ini tentunya tak lepas dari upayanya dalam pemasaran digital.

"(Saya) memaksimalkan dan mengelola media sosial dan marketplace," katanya.

Dalam memajukan bisnisnya, Ikon juga kerap mengikuti kegiatan di bidang kuliner. Salah satunya seperti program Kembangkan Bisnis Kulinermu dari detikcom dan Kraft Heinz Food Service.

"Alasan saya mengikuti program ini untuk mengembangkan bisnis kuliner untuk lebih baik dan menciptakan produk dan inovasi baru. Luar biasa banyak ilmu yang didapatkan untuk membangun bisnis lebih baik," ungkapnya.

Melalui program ini, ia berharap bisnisnya dapat terus berkembang ke depannya.

"Bisnis yang kita jalani lebih berkembang dan dikenal banyak kalangan dan tentunya meningkatkan kualitas pendapatan bisnis," tutupnya.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com