Berawal dari Bazar, Kini Usaha Makanan Crispy Ini Beromzet Rp 50 Juta

Zefanya Aprilia - detikFood Senin, 24 Jan 2022 17:09 WIB
Knaffgallery Foto: Instagram/@knaffgallery
Jakarta -

Siapa yang tidak suka makanan crispy? Tekstur garing dan rasa gurih memberikan sensasi yang asyik saat mengunyahnya. Sensasi itulah yang membuat setiap orang kecanduan untuk menikmatinya. Makan sedikit-sedikit, tapi tidak bisa berhenti mengunyah. Itulah sensasi menu-menu makanan Knaffgallery.

Knaffgallery menyediakan beragam cemilan krispi lainnya seperti aneka risoles, aneka keripik, soes jepang krispi, dan ikan asin. Knaffgallery didirikan oleh pasangan suami istri, Muhammad Syobari dan Elok Wulandari.

Saat Syobari pulang ke Tanah Air untuk menikah, Elok tidak mengizinkan calon suaminya pada saat itu untuk kembali bekerja di luar negeri. Lalu ia mengusulkan Syobari untuk terjun di dunia bazar.

"Awalnya, kami memulai bazar di salah satu kampus negeri di Indonesia yang menjadi incaran banyak calon mahasiswa di Indonesia," kata Syobari kepada detikcom baru-baru ini.

Mereka berdua memulai bazar dengan peralatan dan bahan seadanya. Hingga akhirnya, mereka memberanikan untuk menarik karyawan di sekitar rumahnya.

"Hitung-hitung memberdayakan anak putus sekolah. Untuk aktif, kami menarik satu orang anak tetangga. Hingga kami pun mencoba menawarkan ke senior sekolah di SMP, untuk join di bazar sebagai karyawan kami," jelas Syobari.

Awalnya mereka hanya membuka satu stand bazar. Lalu mereka memberanikan diri membuka dua sampai tiga stand sekaligus. Namun pada saat pandemi, usaha mereka sempat terhenti.

Syobari dan Elok kemudian membuka usaha jasa pengiriman makanan, perabotan, mainan edukasi hingga produk-produk UMKM lewat sistem online. Selain makanan crispy, Knaffgallery juga menjual aneka sambal, ramen, craft, cobek batu, mainan edukasi, dan buku islami edukasi.

Dengan penjualan sekitar 10-100 item per bulan, Knaff Gallery meraup pendapatan sebesar Rp 32 juta sampai Rp 50 juta per bulan. Namun begitu, mereka tetap rajin untuk mengembangkan sayap Knaffgallery.

Seperti salah satunya dengan mengikuti program pengembangan usaha 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' dari detikcom bersama Kraft Heinz Food Service. Program tersebut sengaja digelar oleh detikcom dan Kraft Heinz Food Service untuk mendukung usaha kuliner Tanah Air agar bisa naik kelas.

"Ingin memperkenalkan produk kami, usaha dan promosi usaha kami melalui detikcom dan Kraft Heinz," tandas Syobari.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
Eureka
×
Misteri Multiverse
Misteri Multiverse Selengkapnya