Segar dan Menyehatkan, Jus Buah Ini Tersedia dalam Kemasan 1 Liter

Muhamad Yoga Prastyo - detikFood Sabtu, 22 Jan 2022 09:10 WIB
Jus buah literan Foto: dok. Dejuci
Jakarta -

Untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses bukanlah sebuah perjalanan yang bisa dilalui dalam satu malam. Banyak rintangan dan keputusan yang dilalui sebelum akhirnya memantapkan diri untuk bertahan dengan bisnisnya.

Hal ini juga yang dialami wanita asal Bandung, Mariska, sebelum akhirnya memilih jus buah sebagai usahanya. Usaha yang ia mulai sejak tahun 2012 ini ia beri nama Dejuci.

"Karena resign dari pekerjaan tetap, jadi mulai mencoba buka usaha minuman jus buah," terang Mariska kepada detikcom.

Selain menyehatkan, kelebihan yang dimiliki minuman jus buah buatan Mariska juga terletak pada variannya yang dapat dipadu-padankan. Untuk harga dalam kemasan cup reguler, Mariska membanderol dengan harga Rp 12 ribu sampai dengan Rp 18 ribu.

Mariska juga menyediakan kemasan botol berukuran satu liter yang dapat dinikmati bersama keluarga. Kemasan ini juga memudahkan aktivitas konsumennya ketika bepergian tanpa khawatir akan tumpah.

Untuk kemasan satu liter ini Mariska membanderol dengan harga Rp 40 ribu sampai dengan Rp 50 ribu tergantung varian.

Usaha yang ia rintis selama hampir 10 tahun ini perlahan mulai berkembang. Dalam sebulan, minuman jus buah yang ia jual bisa mencapai 560 cup. Hingga dengan saat ini, pendapatan yang dihasilkan dari usaha minuman jus buah mencapai Rp 5 juta per bulan.

Dari pendapatannya tersebut, Mariska kemudian bisa memiliki kios yang ia gunakan untuk menjual minuman jus buah usahanya.

Namun selama pandemi, Mariska mengakui bahwa penjualannya mengalami penurunan. Ia pun harus memutar otak agar usaha miliknya dapat terus berjalan. Salah satu cara yang ia gunakan yaitu dengan meningkatkan penjualan via online agar mudah dijangkau konsumen.

Mariska merasa dengan meningkatkan penjualan online saja tidak cukup untuk bertahan dan meningkatkan usahanya.

Untuk itu, Mariska juga mengikuti program pengembangan usaha 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' dari detikcom bersama dengan Kraft Heinz Food Service. Program ini digelar dengan tujuan untuk mendukung usaha kuliner Tanah Air agar bisa naik kelas.

"Supaya usaha saya bisa terus berkembang dan berinovasi," ucapnya.

Diakui Mariska, banyak ilmu yang ia dapatkan dalam keikutsertaannya mengikuti program ini. Ia juga berharap ilmu yang didapatkan bisa berguna dan dapat diaplikasikan untuk meningkatkan usaha minuman jus buah miliknya.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com