Bermodal Tenda Payung, Bisnis Makanan Ini Kini Punya Omzet Jutaan

Nada Zeitalini Arani - detikFood Jumat, 21 Jan 2022 12:25 WIB
Instagram/@mace.otakotak Foto: Instagram/@mace.otakotak
Jakarta -

Bisnis menjadi salah satu mata pencarian untuk membiayai kehidupan sehari-hari. Meski dalam memulai dan menjalaninya akan banyak rintangan, yang diperlukan konsistensi agar berbuah manis nantinya.

Hal inilah yang dialami oleh seorang pengusaha makanan asal Depok bernama Arifiyah. Ia membuka usaha makanan pada akhir 2020 lalu yang dinamainya Mace Otak-otak. Ia memulai bisnisnya secara kecil-kecilan yaitu membuka kios pinggir jalan bermodal tenda payung dan panggangan kecil. Bisnis Mace Otak-otak merupakan mata pencahariannya sebagai seorang single parent untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Mace otak-otak berdiri karena saya seorang single parent pada waktu itu harus menopang hidup sendiri dan disini banyak bahan baku ikan dan termasuk wilayah destinasi wisata bahari Jakarta," tutur Arifiyah kepada detikcom.

Tak disangka, bisnis yang dimulai Arifiyah kecil-kecilan ini ternyata bisa punya omzet luar biasa. Dalam sebulan, bisnis Mace Otak-otaknya mampu meraup omzet kurang lebih Rp 4 juta hingga Rp 6 juta.

Arfiyah mengakui, selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat pelanggan di kiosnya sepi. Ia pun beralih jualan online untuk tetap bisa mempertahankan bisnisnya.

"Mengikuti arus dan kondisi jadi offline dan online di ikut sertakan supaya bisa bertahan," ucapnya.

Ada pun untuk meningkatkan bisnis kulinernya dan mendapatkan pengalaman serta ilmu dari pebisnis kuliner lainnya, Arifiyah ikut dalam program 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' yang diadakan oleh detikcom bersama dengan Kraft Heinz Food Service. Menurutnya program tersebut sangat bermanfaat karena memberikan tips step by step sebuah bisnis yang bisa diaplikasikan olehnya.

Melalui keikutsertaan dalam program tersebut, Arifiyah juga berharap bisnis Mace Otak-otaknya bisa terus meningkat, lebih kuat menghadapi tantangan, dan semakin eksis di masyarakat.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com