Sempat Tutup, Bajigur Durian Asoy yang Terkenal di Ciwidey Sudah Buka Lagi

Yuga Hassani - detikFood Rabu, 19 Jan 2022 10:30 WIB
Bajigur Durian Asoy yang ada di Ciwidey kini pindah tempat. Foto: detikFood/Yuga Hassani
Jakarta -

Bajigur Durian Asoy jadi dessert favorit warga Ciwidey, Bandung. Setelah gerainya sempat tutup pada pertengahan 2019, kini Bajigur Durian Asoy sudah kembali bisa dinikmati.

Lokasi Bajigur Durian Asoy yang tadinya ada di Terusan Kopo telah berpindah ke Jalan Sadu, Terusan, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Gerai bajigur ini bukanlah 'pemain baru' di Bandung.

Bajigur Durian Asoy sempat hits pada tahun 2012 hingga tahun 2019-an. Bahkan beberapa pejabat hingga artis ikut mencicipi varian menu dari Bajigur Durian Asoy.

Menu utamanya unik yaitu bajigur yang dikombinasikan dengan durian. Pemilik Bajigur Durian Asoy, Tutang Kusniadi (46) mengatakan bahwa memang pada masanya ketika masih bertempat di Terusan Kopo, banyak orang terkenal datang mencicipi.

Bajigur Durian Asoy yang ada di Ciwidey kini pindah tempat.Bajigur Durian Asoy yang ada di Ciwidey kini pindah tempat. Foto: detikFood/Yuga Hassani

"Alhamdulillah kalau dulu banyak yang pada dateng. Dari mulai artis, menteri-menteri, hingga tokoh kuliner Bondan Winarno pun sempat hadir," ujar Tutang saat ditemui, Selasa (18/1/2022).

"Bahkan Bupati Bandung yang sebelumnya, Dadang Naser pun sudah menjadi langganan. Tidak hanya itu, Bupati yang sekarang (Dadang Supriatna) pun sering beli, namun pas beliau masih Anggota DPRD Kabupaten Bandung," tambahnya.

Tutang menjelaskan bahwa kepindahan lokasinya berjualan tak membuat penjualan semakin meningkat. Bahkan kata dia, masih banyak orang yang belum tahu kalau Bajigur Durian Asoy pindah tempat.

Bajigur Durian Asoy yang ada di Ciwidey kini pindah tempat.Bajigur Durian Asoy yang ada di Ciwidey kini pindah tempat. Foto: detikFood/Yuga Hassani

"Kalau sekarang di jalur ini mah penjualan cuma 20 porsi per harinya. Kalau dulu pas di Katapang (Terusan Kopo) per harinya bisa 200 porsi. Bahkan dulu rata-rata omzet di sekitar Rp 3 juta per hari. Kalau saat ini mah kalau di rata-rata penjualan di Rp400 ribu per hari," jelasnya.

Saat ini menu Bajigur Durian Asoy masih berupa beberapa kombinasi bajigur dengan durian. "Bajigur Durian, Es Bajigur Durian, Es Kelapa Durian, Es Durian, Bandrek. Harga pun berkisar Rp15 ribu sampai Rp25 ribu," jelas Tutang soal menunya.

Berdiri pada tahun 2009, Tutang menjelaskan bahwa nama Asoy ada makna tersendiri bagi dirinya. "Asoy itu artinya Asian Sipirit of youth. Dengan itu Bajigur Durian Asoy adalah tempat di mana pemuda-pemuda mengimplementasikan ide dan gagasan melalui bajigur durian," jelasnya.

Bajigur Durian Asoy yang ada di Ciwidey kini pindah tempat.Bajigur Durian Asoy yang ada di Ciwidey kini pindah tempat. Foto: detikFood/Yuga Hassani

Ia menambahkan pada awal bulan nanti Bajigur Durian Asoy akan hadir di Kota Bandung. Dirinya berharap semakin banyak orang bisa mencicipi kelezatan bajigur durian buatannya.

"Nanti insyaallah kita akan buka cabang di depan ISBI (Institut Seni Budaya Indonesia) Bandung. Yaitu kolaborasi dengan Makopi. Nanti yang gak bisa ke sini, bisa ke Buah Batu," pungkasnya.



Simak Video "H-1 Lebaran, Ketupat Air Tanjung Tasikmalaya Naik Omzet 100 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com