7 Kuliner Bandung Rekomendasi TasteAtlas, Berikut Tempat Mencicipinya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 19 Feb 2021 11:00 WIB
Batagor enak di Bandung Foto: detikfood
Jakarta -

Bandung mendapat pengakuan TasteAtlas sebagai salah satu kota terbaik di dunia untuk makanan tradisional. Ada 7 kuliner Bandung yang mereka rekomendasikan.

Bandung terkenal dengan ragam kulinernya yang nikmat. Baru-baru ini Bandung bahkan mendapat pengakuan situs TasteAtlas dalam katergori World's Best Cities for Traditional Foods.

Penghargaan ini berarti Bandung dianggap memiliki banyak makanan tradisional yang nikmat. TasteAtlas sendiri merupakan situs asal Kroasia yang fokus mengulas makanan tradisional di seluruh dunia.

TasteAtlas menempatkan Bandung di urutan ketujuh daftar World's Best Cities for Traditional Foods. Kota kembang bersanding dengan kota-kota lain seperti Paris di peringkat pertama, Kyoto di peringkat keenam, Bangkok di peringkat empat belas, dan Hong Kong di peringkat enam belas.

Atas pencapaian ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut berbangga. Melalui Instagram pribadinya, Ridwan Kamil mengucapkan selamat sekaligus menitip pesan agar pelaku usaha makanan di Bandung terus mempertahankan dan mempopulerkan makanan tradisional Bandung.

Baca Juga: Bandung Raih Predikat Kota Terbaik Dunia untuk Makanan Tradisional

Mengintip situs TasteAtlas, ada 7 kuliner Bandung yang mereka rekomendasikan. TasteAtlas juga menyertakan rekomendasi tempat untuk mencicipinya. Berikut daftarnya:

7. Kupat tahu

TasteAtlas mendeskripsikan kupat tahu sebagai panganan berbahan ketupat, tahu, dan saus kacang. "Bahan-bahannya biasanya mencakup ketupat, tahu, tauge, cabai rawit, kacang tanah, bawang putih, gula merah, air, dan kecap manis," tulis TasteAtlas.

Kupat tahu juga biasanya dilengkapi perasan jeruk limau dan kerupuk udang. "Makanan ini biasanya dijadikan menu sarapan," jelas TasteAtlas.

6. Cilok

cilokFoto: detikFood

Cilok adalah kuliner Bandung yang juga terkenal di Jakarta. Nama cilok diambil dari proses menikmati makanan ini yaitu "aci dicolok". Berupa bola-bola kenyal berbahan aci atau tepung tapioca yang dimakan dengan cara mencoloknya menggunakan tusukan kayu.

TasteAtlas mengatakan cilok bisa dikukus atau digoreng, kemudian disajikan bersama sambal kacang atau saus sambal. Tempat untuk menikmati cilok antara lain Mochilok, Cilok Laswi Sari Rasa, dan Cilok Bapri.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com