Cicipi Sayur Terubuk Pegunungan Sanggabuana, Irfan Hakim Ketagihan Lezatnya

Yuda Febrian Silitonga - detikFood Selasa, 18 Jan 2022 20:00 WIB
Irfan Hakim Ketagihan Terubuk Foto: istimewa/Disparbud Karawang
Jakarta -

Berwisata ke Pegunungan Sanggabuana presenter Irfan Hakim merasakan minum air jernih dari sungai dan tidur di batu besar. Ia juga ketagihan terubuk khas Karawang yang enak.

"Gue baru tau ada makanan dari bunga tanaman yang mirip tebu, Terubuk namanya, enak ternyata, bikin ketagihan," kata Irfan Hakim melalui aplikasi Whatsapp, Selasa (18/1/2022).

Dikatakannya, bukan hanya makan terubuk, pengalaman di Pegunungan Sanggabuana yang tidak terlupakan yakni saat tidur beralaskan batu besar.

"Di Sanggabuana juga, kami ngeliwet di pinggiran air terjun Cikoleangkak dan gue tidur nyenyak di batu besar yang katanya pernah jadi singgasana atau petilasan Prabu Siliwangi," ungkapnya.

Irfan Hakim Ketagihan TerubukIrfan Hakim sedang berada di Karawang, Jawa Barat Foto: istimewa/Disparbud Karawang

Selain itu, ia juga merasakan sensasi minum air langsung dari aliran sungai di Pegunungan Sanggabuana.

"Gue bisa minum langsung dari aliran sungai yang bersih dan seger," terangnya.

Bukan hanya itu, Irfan Hakim pun kaget melihat pohon Lowa pegunungan Sanggabuana.

"Juga ketemu Pohon Lowa gunung yang kita peluk 8 orang masih kurang, besar banget. Itu jangan sampai hilang, dan paginya bisa mendengar suara Owa dan burung yang membangunkan, bukan alarm jam," tandasnya.

Sementara saat dihubungi, Kepala Bidang Pariwisata Disparbud Karawang Dede Pramiadi mengatakan soal makanan khas Karawang yakni terubuk ini merupakan makanan khas yang terdapat di daerah Loji Kecamatan Tegalwaru.

"Terubuk ini merupakan tumbuhan seperti tebu berbentuk panjang bulat. Terubuk ini dapat diolah seperti untuk perkedel, sayur dan lalapan. Adapun prosesnya ada yang di kukus, ditumis, dibakar, dan dicobek. Rasanya memang dikenal sangat khas dan enak," katanya melalui aplikasi WhatsApp.

Tanaman Terubuk ini juga dikatakannya dibudidayakan oleh warga di daerah pegunungan Sanggabuana.

Irfan Hakim Ketagihan TerubukIrfan Hakim mencicipi terubuk atau bunga tebu. Foto: istimewa/Disparbud Karawang

"Saat ini Terubuk jadi mata pencaharian warga dan banyak dibudidayakan, karena cara penanamannya tidak memerluka pasokan air banyak seperti menanam padi, dan mudah tumbuh," pungkasnya.

Masyarakat Betawi juga mengenal terubuk yang sering disebut bunga tebu. Bentuknya bulat panjang dengan tekstur mirip spons, empuk. Biasanya diolah menjadi sayur gurih dengan tambahan bumbu rempah dan santan. Disajikan sebagai sayur gurih teman ketupat. Jadi primadona sajian hari raya Idul Fitri.



Simak Video "H-1 Lebaran, Ketupat Air Tanjung Tasikmalaya Naik Omzet 100 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com