ADVERTISEMENT

Tetap Menggiurkan Meski Pandemi, Omzet Usaha Ricebowl Ini Jutaan/Bulan

Erika Dyah - detikFood
Kamis, 13 Jan 2022 17:32 WIB
Instagram/masgitel
Foto: Instagram/masgitel
Jakarta -

Dalam beberapa tahun belakangan, bisnis kuliner diramaikan dengan kehadiran usaha ricebowl yang menjadi tren tersendiri. Makanan yang dikemas dalam mangkuk plastik/kertas ini cukup digemari oleh konsumen karena kepraktisannya.

Selain kemasannya yang menarik dan mudah untuk disantap dalam berbagai kondisi, umumnya ricebowl digemari karena pilihan menunya yang beragam. Menu yang dijual bisa berupa kreasi nasi dengan campuran ayam, bakso, daging, telur, seafood, sayuran, dan lain sebagainya.

Ragam pilihan menu yang beragam ini jika dipasarkan di pasar yang tepat bisa menjadikan usaha ricebowl jadi peluang yang menggiurkan. Keuntungan dari usaha ini pun sudah dirasakan oleh Pemilik Masgitel Snack & Ricebowl, Dila Ariestiani.

Dila yang membuka usaha di kawasan Bekasi ini mengungkap dirinya mulai memasarkan menu ricebowl sejak 2020 lalu setelah sebelumnya sejak November 2019 berjualan varian teh susu berbagai rasa lewat kanal online dan berbagai bazaar. Hingga kini, ia mengaku usahanya masih terus berjalan dengan lancar.

"Per Januari 2020 mulai mencoba menambah menu snack gurih siap makan dan varian nasi dalam ricebowl menggunakan bahan frozen food siap pakai. Lalu mendaftarkan merchant ke aplikasi GoFood dan GrabFood, Alhamdulillah respons customer sangat baik dan kami masih terus berjalan lancar sampai sekarang ini," ungkap Dila kepada detikcom.

Ia mengatakan di masa awal PPKM yang membuat kegiatan serta mobilitas masyarakat terbatas, usahanya juga sempat mengalami penurunan drastis. Namun, perlahan customer setia Masgitel Snack & Ricebowl kembali memesan aneka menu usahanya secara berkala sehingga bisnis kuliner yang ia jalani tetap lancar.

Bahkan, Dila mengaku dalam sebulan bisa menjual sekitar 500-600 produk dengan omzet di kisaran Rp 8-16 juta/bulan. Ia mengatakan hal ini bisa diraihnya melalui serangkaian strategi selama pandemi. Mulai dari melakukan berbagai promo setiap hari di berbagai grup Facebook area sekitar resto serta melakukan broadcast WhatsApp kepada teman saudara dan kenalan untuk mempromosikan menu terbaru.

Tak hanya mengandalkan promosi, pihaknya juga berkreasi dengan varian menu dan membuat menu paket murah untuk dipasarkan. Bahkan ia juga membuka kedainya secara online selama 24 jam untuk menaikkan penjualan. Dila juga mengaku sedekah, doa, dan usaha dilakukan berbarengan untuk menjaga kelancaran usaha ricebowl mliknya.

Adapun menu yang dihadirkan Dila cukup beragam, seperti Nasi Gila Ricebowl Sosis, Nasi Gila Ricebowl Bakso, dan Nasi Gila Ricebowl Lengkap. Ada juga Ricebowl Ayam Crispy Saus Keju dan Rice Bowl Ayam Saus Teriyaki yang menjadi best seller di Masgitel Snack & Ricebowl.

Selain mengatur strategi penjualan di tengah pandemi, Dila juga mengikuti program pengembangan bisnis kuliner untuk menambah ilmu seputar bisnis dunia kuliner. Salah satunya program 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' dari detikcom dan Kraft Heinz Food Service.

Melalui program ini, Dila mengatakan banyak ilmu yang bisa diterapkan dalam bisnis kuliner miliknya. Ia pun berharap usaha kuliner miliknya bisa semakin dikenal dan berkembang ke arah yang positif.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT