ADVERTISEMENT

Gurihnya Bisnis Ayam Kampung Goreng, Omzetnya Capai Rp 30 Juta//Bulan

Nada Zeitalini - detikFood
Rabu, 12 Jan 2022 08:37 WIB
ayamkampung.mbakmaya
Foto: Instagram/@ayamkampung.mbakmaya
Jakarta -

Membuka bisnis kuliner memiliki tantangan tersendiri salah satunya soal menu yang akan dijual. Saat ini beberapa bisnis kuliner memanfaatkan momen menjual makanan atau minuman kekinian yang banyak diminati konsumen.

Salah satu inspirasi menu bisnis kuliner bisa juga didapatkan melalui resep keluarga. Inilah yang dilakukan oleh Dewi Mayawati pada usaha kuliner ayam kampung goreng miliknya yang bernama 'Ayam Kampung Mbak Maya'.

Hadir sejak tahun 2016, alasan Maya mengembangkan resep keluarganya karena ingin menjual makanan jenis ayam berbeda dari makanan-makanan ayam yang tren saat ini.

"Berawal dari resep keluarga yang kita punya dan kita coba untuk ayam kampung karena kebanyakan outlet yang ada sekarang seperti geprek, crispy itu ayam negeri," tutur Maya kepada detikcom.

Selain ayam, menu yang tersedia di 'Ayam Kampung Mbak Maya' adalah ikan, soto, dan lain sebagainya. Jika berminat mencicipi, kamu bisa menemui kuliner ini di Bekasi Utara, tepatnya di Jalan Muchtar Tabrani Nomor 68.

Siapa sangka, bisnis yang Maya awali dari inspirasi resep keluarga ini bisa membuatnya meraup omzet Rp 20 juta hingga Rp 30 juta per bulan. Ia mengaku, dalam sebulan bisa menjual 1.500 sampai dengan 2.000 potong ayam kampung.

Namun selama pandemi usaha ayam kampung milik Maya sulit mencapai target penjualan seperti sebelum-sebelum pandemi. Ia pun berusaha meningkatkan penjualan dari segi online dengan menggencarkan iklan dan promo menarik.

Untuk mengembangkan bisnisnya, Maya juga ikut dalam program 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' yang diadakan oleh detikcom bersama dengan Kraft Heinz Food Service. Semenjak mengikuti program ini, ia mengaku mendapatkan pengetahuan baru pada bisnis kuliner terutama dalam mengembangkan bisnis.

"Mengembangkan pikiran kita untuk upaya lebih maju," ucapnya.

Lewat program ini, Maya juga berharap bisa membantu memajukan bisnis-bisnis di bidang kuliner. Tentunya membantu lebih meningkatkan penjualan bisnis kulinernya.

"Harapannya supaya usaha kuliner lebih maju dan penjualan dapat ditingkatkan," jelasnya.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT