ADVERTISEMENT

Ragam Camilan Pedas Gurih yang Bikin Nagih, Ada Makaroni-Basreng

Erika Dyah - detikFood
Minggu, 09 Jan 2022 13:20 WIB
Macaroni Boss, Camilan Pedas Gurih yang Bikin Nagih
Foto: Dok. Instagram/macaroni.boss
Jakarta -

Makanan dengan cita rasa pedas banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Termasuk juga camilan pedas dengan sensasi kriuk dan gurih yang tak jarang sering bikin ketagihan.

Salah satu camilan favorit pecinta pedas yang mudah ditemui adalah makaroni pedas. Makaroni merupakan salah satu jenis pasta dengan berbagai bentuk yang umumnya memiliki rongga di bagian tengah.

Camilan yang satu ini biasanya diolah dengan cara digoreng kering lalu diberi bumbu pedas beraneka rasa, baik pedas original atau dengan campuran bumbu keju, balado, jagung bakar dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga camilan keripik pedas beraneka bahan, mulai dari kerupuk, usus, hingga bakso.

Berbagai camilan pedas ini dapat ditemui dengan mudah, salah satunya di UKM asal Ngawi milik Nufanda Rheza Ashari, Macaroni Boss. Bisnis yang ia mulai secara sederhana dari dapur rumah ini telah berkembang, bahkan ia pun memperluas penjualan lewat kanal online.

"Awal mula berdiri setelah lulus kuliah menganggur selama 8 bulan. Di dapur kecil milik rumah mama saya menggoreng makaroni menu pertama saya dan diberi bumbu pedas dan asin," ungkap Nufanda kepada detikcom.

Nufanda mengaku mulai menawarkan produk makaroni buatannya kepada teman-teman dan juga memasukkan produknya ke marketplace. Berkat usaha inilah, ia merasakan banjir pesanan sehingga usahanya bisa bertahan hingga kini.

Adapun menu yang ditawarkan Nufanda di Macaroni Boss sangatlah beragam. Mulai dari camilan kriuk Makaroni Pipa/Spiral, Stik Basreng, Kripik Basreng, Kripik Kaca, Kripik Tempe, Mi Lidi, Mi Kriuk, juga Kripik Usus. Ada juga menu seblak praktis siap masak yang diberi nama Seblak Macboss. Untuk menu seblak ini, Nufanda menawarkan 3 varian yang terdiri dari varian Original, Cuanki, dan Sosis.

Sementara itu, untuk menu Makaroni, Nufanda memiliki varian rasa yang cukup beragam dan unik pedasnya. Buat pencinta pedas ekstra, ada varian Pedas Ngegas yang bisa dicoba. Sedangkan untuk yang tak terlalu kuat pedas tapi ingin merasakan sensasi camilan hot menggigit, bisa coba varian Pedas Santuy atau varian lain berupa Keju, Balado, dan Keju Pedas.

Macaroni Boss, Camilan Pedas Gurih yang Bikin NagihFoto: Dok. Instagram/macaroni.boss

Melalui bisnis ini, Nufanda mengaku bisa menjual hingga 500 kemasan dalam satu bulan. Ia pun mengatakan bisa meraup omzet Rp3-5 juta per bulannya dari bisnis camilan untuk para pencinta pedas dan sobat micin ini.

Ia pun menjual camilan pedas kemasan ini melalui marketplace Shopee, sehingga produknya bisa dikirim ke berbagai kota di Indonesia. Untuk tetap menjaga penjualan di tengah kelesuan ekonomi karena pandemi, ia kerap membuat diskon dan promo besar-besaran yang menarik pelanggan.

Tak hanya itu, Nufanda juga mengikuti program pengembangan bisnis kuliner agar bisnisnya dapat terus naik kelas. Salah satunya, melalui ajang 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' yang digelar oleh detikcom bersama Kraft Heinz Food Service.

Dengan mengikuti program tersebut, Nufanda berharap bisa memiliki banyak relasi dan ilmu lebih dalam lagi tentang mengembangkan bisnis camilan ini.

(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT