Tak Cuma Cari Untung, Bisnis Ini Juga Lestarikan Minuman Khas Betawi

Angga Laraspati - detikFood Rabu, 29 Des 2021 21:08 WIB
Instagram/Ocitareal Foto: Instagram/Ocitareal
Jakarta -

Dalam memulai bisnis tentunya dibutuhkan tekad yang kuat. Tidak hanya sekadar itu, inovasi dan kreativitas juga menjadi salah satu dasar untuk mengembangkan bisnis.

Salah satu kreativitas dalam bisnis yang juga unik adalah menjual makanan atau minuman khas budaya Indonesia. Ini juga yang dilakukan oleh Evi Mega Sari dalam mendirikan bisnis Ocita Selendang Mayang.

Bisnis yang dimiliki Evi tersebut menjual minuman khas Betawi yang populer yaitu es selendang mayang. Inspirasi menjual minuman khas asal Betawi ini bukan tanpa sebab. Evi mendapatkan ide tersebut dari membantu orang tuanya membuat es selendang mayang hingga kemudian ia memberanikan diri membuka usaha Ocita Selendang Mayang.

"Berawal dari membantu orangtua membuat es Selendang Mayang dan pada tahun 2019 saya mulai memberanikan diri untuk membuka usaha selendang mayang sendiri," ujar Evi kepada detikcom.

Selain es selendang mayang, Evi juga menjual minuman jaren yaitu campuran dari jahe, serai, dan gula aren. Bisnis Ocita Selendang Mayang miliknya bisa meraup omzet hingga Rp 1,5 juta per bulan dengan menjual 120 cup minuman setiap bulannya.

Namun bisnis minuman yang dijual Evi secara offline ini mengalami penurunan pendapatan selama pandemi COVID-19 ini. Untung mengatasinya, selain berjualan secara offline, Evi juga menggunakan strategi online.

"Selain offline juga masih berjalan, saya juga berjualan via medsos, seperti Instagram, Facebook, Whatsapp, aplikasi Gojek dan Grab," jelasnya.

Tidak hanya itu, bisnis Evi pun menjadi peserta program 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' yang digelar oleh detikcom bersama Kraft Heinz Food Service. Ia berharap program tersebut membuat produknya bisa lebih dikenal dan mendapatkan kepercayaan konsumen.

Selain itu, ia berharap produk jualannya bisa bersaing dengan produk-produk kekinian. Keempat adalah kemudahan dalam peminjaman modal /investor. Terakhir dapat meningkatkan pendapatan dan bisa buka cabang/reseller.

Eva pun menuturkan bahwa selama mengikuti program tersebut ia mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman dari para pegiat bisnis yang sudah stabil. Dari program tersebut Eva berharap Ocita Selendang Mayang bisa lebih berkembang lagi.

"Usaha menjadi lebih berkembang dan revenue meningkat," pungkasnya.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com