Jalan-jalan ke Lombok? Jangan Lupa Beli Dodol Rumput Laut dan Terasi

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 26 Des 2021 14:00 WIB
Oleh-oleh Khas Lombok yang Ada di Sasaku Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Saat liburan di Lombok, NTB, tak lengkap kalau tak membawa pulang oleh-oleh. Kamu bisa membeli dodol rumput laut hingga terasi udang di Sasaku.

Ada pusat oleh-oleh terkenal di Lombok bernama Sasaku. Lokasinya berada di Jalan Raya Senggigi, Lombok Barat, NTB. Tempatnya sangat luas dan hampir semuanya tersedia di sini.

Tim detikFood tak ketinggalan membeli oleh-oleh di Sasaku saat berada di kawasan Senggigi dalam rangkaian Toyota Corolla Cross Hybrid Road Trip Explore Mandalika (21/11). Ada beberapa oleh-oleh makanan yang menjadi incaran kami.

Karena Lombok, NTB identik dengan wisata pantai, maka ada banyak oleh-oleh yang berbahan dasar rumput laut di sini. Seperti dodol rumput laut, manisan rumput laut, hingga keripik rumput laut.

Oleh-oleh Khas Lombok yang Ada di SasakuOleh-oleh Khas Lombok yang Ada di Sasaku Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Baca Juga: Sayur Olah-olah khas Tetebatu-Lombok yang Gurih Nagih

Makanan serba rumput laut ini mudah sekali kamu temui di Sasaku. Tersusun rapih di rak oleh-oleh, sehingga kamu bisa menemukannya dengan mudah.

Dodol rumput laut dengan merek Phoenix yang paling terkenal di Lombok. Ada beragam ukuran kemasan dodol rumput laut untuk oleh-oleh keluarga atau kerabat. Harganya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 16.000 saja.

Tak hanya terbuat dari rumput laut, tapi ada juga manisan yang berbahan dasar tomat. Merek Phoenix juga bisa menjadi andalan untuk manisan tomat yang nikmat. Harga per bungkusnya dibanderol Rp 24.000-an.

Baca Juga: 7 Makanan Super untuk Cegah Pikun dan Sehatkan Otak

Oleh-oleh Khas Lombok yang Ada di SasakuOleh-oleh Khas Lombok yang Ada di Sasaku Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Kami telah mencicipi manisan tomat ini dan sangat menyukai rasanya. Satu buah tomat utut dikeringkan, namun teksturnya masih empuk. Rasanya juga tak begitu manis, karena memang cita rasa tomat asli.

Terasi udang khas Lombok juga pas dijadikan oleh-oleh. Terasi udang ini sudah melalui proses pembakaran sehingga warnanya sudah kecokelatan. Ada beragam pilihan terasi di Sasaku, kami menyarankan untuk memesan yang dikemas menggunakan anyaman daun pandan dengan harga sekitar Rp 20.000-an.

Oleh-oleh Khas Lombok yang Ada di SasakuOleh-oleh Khas Lombok yang Ada di Sasaku Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Lombok juga terkenal dengan plecing atau sambal. Beragam merek sambal ayam Taliwang yang sedap juga cocok untuk menjadi alternatif oleh-oleh. Sudah dikemas botolan, sehingga praktis membawanya pulang. Harganya sekitar Rp 40.000 per kemasan.

Sasaku menjadi tempat membeli oleh-oleh favorit karena super lengkap. Tak hanya makanan khas Lombok, tapi ada juga kain tenun, kaos, mutiara, hingga aksesoris lainnya.

Baca Juga: Gurih Nagih! 5 Bakmi Babi di Bogor Ini Terkenal Nikmat



Simak Video "Bikin Laper: All You Can Eat Murah di Warung Bang Panjul"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com