Manisnya Bisnis Kedai Kopi di Bogor, Sebulan Raup Omzet Rp 20 Juta

Nada Zeitalini Arani - detikFood Rabu, 22 Des 2021 19:34 WIB
Ada Live Music, Kedai Kopi Ini Bisa Raup Omzet Rp 20 Juta/Bulan Foto: Dok. instagram.com/nelakkopi
Jakarta -

Seperti kita ketahui, membangun sebuah usaha atau bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh perencanaan yang baik di awal, keberanian memulai hingga konsistensi.

Hal yang bisa kita tanamkan di awal sebelum berbisnis adalah mimpi yang besar dan optimisme. Seperti halnya yang dirasakan oleh Ferry Santoso dalam menjalankan bisnis kedai kopi miliknya.

Bisnis yang dinamakan Nelak Kopi milik Ferry ini diawali dengan mimpinya ingin punya sebuah kedai kopi. Siapa sangka bisnis yang dimulainya sejak tahun 2020 itu didanai oleh orang lain dan pinjaman.

"Dimulai funding dengan biaya orang lain dan pinjaman, menjadi seperti sekarang," ujar Ferry kepada detikcom.

Kedai Nelak Kopi terletak di Jalan KSR Dadi Kusmayadi, ruko danau permata nomor 15, Cibinong, Bogor. Sensasi Ngopi di Nelak Kopi juga makin asyik mengisi malam mingguan dengan adanya penampilan live music.

Kedai ini terus berkembang hingga sekarang. Dibuktikan dengan penjualan kurang lebih 600 produk setiap bulannya dengan omzet mencapai Rp 20 juta per bulan.

Tentu bukanlah angka yang kecil, namun itu didapatkan dengan proses panjang perjuangan Ferry. Pandemi juga menjadi satu dari banyaknya tantangan Nelak Kopi yakni dengan omzet yang menurun drastis. Hal ini juga hampir dirasakan oleh seluruh wirausaha.

Tidak patah arang, Ferry berupaya membuat strategi bisnis yang lebih baik dan tepat di masa pandemi. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial.

"Online digencarin dengan pengelolaan media sosial yang baik," tuturnya.

Selain itu, ia juga ikut dalam program 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' yang digelar oleh detikcom bersama Kraft Heinz Food Service. Alasannya adalah untuk expand bisnis Nelak Kopi miliknya agar lebih baik lagi.

Ferry berharap melalui program tersebut bisa membantunya mengembangkan bisnis Nelak Kopi dikenal banyak orang. Ferry juga membagikan pengalaman selama mengikuti program tersebut diakuinya memberi ide-ide pengembangan bisnis yang lebih baik.

(akd/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com