5 Rahasia Sukses Bisnis d'BestO hingga Punya 300 Outlet Se-Indonesia

Yudistira Perdana Imandiar - detikFood
Selasa, 21 Des 2021 09:10 WIB
dBestO
Foto: dok. d'BestO

3. Inovasi dengan Memaksimalkan Sumber Daya yang Ada

Inovasi merupakan faktor kunci yang mempengaruhi keberlangsungan suatu bisnis. Namun, inovasi pun harus diterapkan dengan cermat agar tak menyebabkan pengeluaran membengkak. Untuk menyiasatinya, d'BestO memilih untuk fokus berinovasi dengan memaksimalkan bahan baku yang telah ada.

"Selain efisiensi, inovasi menggunakan bahan baku yang sudah ada juga memungkinkan kami untuk fokus pada keunggulan kami, yakni aneka produk fried chicken, burger, dan turunannya," terang.

Agar konsumen tidak bosan, lanjutnya, d'BestO selalu mengeluarkan menu baru setiap tiga-empat bulan sekali. Terbaru, mereka mengeluarkan produk Ayam CLBK (Ayam Celup Bakar), menu ayam crispy yang melalui dua metode masak, yakni digoreng lalu dibakar. Ayam CLBK dilapisi dengan saus khas d'BestO yang punya rasa unik dan nikmat.

4. Program Marketing Berdasarkan Data

Sejak pandemi, semakin banyak brand yang beralih ke layanan digital, baik layanan pembayaran digital seperti ShopeePay maupun layanan pesan antar makanan seperti ShopeeFood. Bagi d'BestO, ada dua keuntungan yang didapatkan dari adaptasi layanan digital. Pertama, menstimulus konsumen untuk bertransaksi lebih banyak dengan ragam promo yang kerap diberikan. Kedua, memberikan keuntungan dari segi data yang lebih komprehensif.

"Kami melihat, penggunaan layanan pembayaran digital ShopeePay oleh masyarakat kini telah menjadi gaya hidup yang tak terpisahkan, bahkan di daerah-daerah yang tidak kami perkirakan. Sementara itu, beberapa outlet d'BestO kini bahkan mayoritas pendapatannya berasal dari layanan pesan antar makanan ShopeeFood," ulas Wahyu.

"Di sisi lain, setiap bulannya kami selalu melihat insight dari transaksi penjualan kami di ShopeePay dan ShopeeFood. Insight tersebut beserta current trend dan insight-insight lain yang tersebar secara luas di dunia maya juga memungkinkan kami untuk membuat program berlandaskan data sehingga lebih terukur, jelas, dan tepat sasaran," sambungnya.

5. Mendapatkan Lebih dengan Memberi Lebih

Wahyu menuturkan d'BestO yang telah berdiri selama satu dekade selalu memegang teguh prinsipnya sebagai sebuah bisnis untuk dapat membawa manfaat bagi konsumen, pegawai, hingga masyarakat sekitar. Wahyu menyebut ekspansi d'BestO hingga ke beberapa kota membawa dampak signifikan dari segi sosial dan ekonomi. Contohnya, sejak melebarkan sayapnya ke Sumatera Barat pada 2014 silam, d'BestO ikut mengurangi tingkat pengangguran Kota Padang. Roda perekonomian pun semakin berputar dengan seiring berkembangnya cabang d'BestO.

"Sebagai sebuah bisnis, kami percaya d'BestO juga menanggung tanggung jawab sosial terhadap masyarakat sekitar. Salah satu upaya dalam berkontribusi secara sosial adalah dengan berbagi kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Hal ini kami terapkan secara rutin melalui program bernama Jumat Berkah. Untuk karyawan, kami juga secara rutin memberikan apresiasi berupa penghargaan tahunan dan masih banyak lagi. Dengan memberi lebih, d'BestO yakin akan membawa dampak yang lebih besar dan mendapatkan lebih," urai Wahyu.

Itulah lima rahasia dibalik perkembangan pesat d'BestO. Bagi kamu para penggemar d'BestO, saat ini terdapat Voucher Cashback 100% untuk membeli produk d'BestO dengan lebih hemat selama periode kampanye ShopeePay Day pada 22-24 Desember dan Shopee Mantul Sale pada 25-27 Desember.

Sementara itu, daftar pemenang Shopee Super Awards 2021 lainnya dapat dilihat di sini.



Simak Video "4 Kuliner Khas Betawi yang Ada di PRJ 2022"
[Gambas:Video 20detik]

(prf/ega)