Warung Suramadu: Harum Gurih Sate Kelapa yang Legendaris di Tebet

Riska Fitria - detikFood
Senin, 20 Des 2021 12:00 WIB
Jakarta -

Ngidam sate kelapa khas Surabaya? Di warung makan ini ada sate kelapa legendaris yang racikannya konsisten sejak tahun 1994.

Tak hanya Madura, beberapa daerah Indonesia juga memiliki kuliner khas berupa sate. Namun tentu saja sate nusantara tersebut memiliki racikan dan ciri khasnya masing-masing.

Seperti di Surabaya, Jawa Timur misalnya yang populer dengan sate kelapa atau disebut juga sate klopo. Sate kelapa ini bukan berarti daging kelapa ditusuk-tusuk.

Sate kelapa terbuat dari daging ayam, kambing atau sapi yang kemudian diberi bumbu dan kelapa parut. Tambahan kelapa parut tersebut membuat rasanya jadi renyah dan aromanya harum.

Sate kelapa atau sate klopo di Jakarta mungkin terbilang langka. Kamu bisa mampir ke Warung Suramadu yang berlokasi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

detikFood pun menyambangi warungnya untuk membuktikan kelezatan sate kalapa di Warung Suramadu.

1. Sejak Tahun 1994

Sate kelapa warung SuramaduArea makan di Warung Suramadu di Tebet, Jakarta Selatan. Foto: detikcom/Riska Fitria

Warung Suramadu di Tebet ini lokasinya tak jauh dari perempatan Warteg Warmo. Dari perempatan tersebut warungnya berada di sebelah kanan dekat bengkel.

Warungnya tak terlalu luas. Di bagian depan ada gerobak sate dan di bagian dalamnya adalah area makan yang berisi empat meja makan. Warung ini terbilang legendaris.

Kepada detikFood (15/12/21) Ipah, pemilik Warung Suramadu mengatakan kalau ia sudah berjualan sate kelapa sejak tahun 1994. Awalnya ia berjualan di Surabaya, Jawa Timur.

Kemudian, pada tahun 2009 ia mulai berjualan sate kelapa di Jakarta. Keputusan Ipah untuk berjualan di Jakarta karena melihat peluang besar, bahwa sate kelapa terbilang langka di Jakarta.

"Tahun 2009 itu jualannya masih di trotoar. Terus tahun 2014 baru pindah ke sini lebih nyamanlah buat orang makan," ujar Ipah.

Baca Juga: Resep Yakitori, Sate Ayam Jepang yang Juicy Gurih dan Gampang Dibuat

2. Pakai Resep Keluarga

Sate kelapa warung SuramaduMenu-menu sate kelapa dan sop kambing di Warung Suramadu di Tebet, Jakarta Selatan Foto: detikcom/Riska Fitria

Ipah mengatakan kalau sate kelapa ini sangat populer di Surabaya. Ipah sendiri sebenarnya lahir di Madura, tapi ia pernah tinggal di Surabaya lalu kemudian menikah dengan suaminya yang asli orang Surabaya.

Lebih lanjut, Ipah menyebutkan meskipun sate kelapa adalah kuliner khas Surabaya, tetapi penjualnya kebanyakan berasal dari Madura. Keluarganya di Madura dan Surabaya pun juga berjualan sate kelapa.

"Saya asli Madura, tapi kecilnya tinggal di Surabaya jadi tahu kuliner-kuliner khas Surabaya, termasuk sate kelapa ini," tuturnya.

Di Warung Suramadu miliknya ini,Ipah dan suami kemudian berjualan sate kelapa dengan menggunakan resep keluarga. Karenanya, kelezatan sate kelapa ini konsisten hingga sekarang.