Di Stasiun Pondok Cina Ada Lumpia Basah hingga Street Food Korea Rp 10 Ribu!

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 19 Des 2021 12:06 WIB
Jajanan Pilihan DetikFood di Stasiun Pondok Cina. Ada Serabi Solo, Street Food Korea, dan Lumpia Basah Rp 10 Ribuan. Foto: detikFood
Jakarta -

Menyusuri jalan di area Stasiun Pondok Cina benar-benar dimanjakan dengan beragam pilihan jajanan. Ada lumpia basah hingga street food Korea seharga Rp 10.000.

Banyaknya pilihan jajanan enak yang tersebar di kawasan Stasiun Pondok Cina membuat beberapa orang bingung ingin membeli yang mana. Mulai dari jajanan tradisional hingga kekinian ada di sana.

Kami menyusuri jalanan sekitar Stasiun Pondok Cina untuk menetapkan pilihan ingin jajan apa. Salah satu yang menarik adalah penjual lumpia basah khas Bandung. Lapaknya ramai dikerumuni pembeli wanita saat jam pulang kerja tiba.

Bergerak maju ke depan, kami juga melihat ada street food khas Korea yang ditawarkan dengan gerobak berwarna merah terang. Jajanannya berupa fish cake atau bakso ikan yang diberikan bumbu Korea, seperti gochujjang dan Samyang.

Tak jauh dari lapak Street Food Korea, tepat di depan gang ada penjual serabi khas Solo. Kami tertarik menegoknya karena proses pembuatan serabi masih tradisional menggunakan wajan tanah liat.

Penasaran dengan cita rasanya? Berikut 3 jajanan enak di Stasiun Pondok Cina pilihan detikFood:

1. Lumpia Basah

Jajanan Pilihan DetikFood di Stasiun Pondok Cina. Ada Serabi Solo, Street Food Korea, dan Lumpia Basah Rp 10 Ribuan.Jajanan Pilihan DetikFood di Stasiun Pondok Cina. Ada Serabi Solo, Street Food Korea, dan Lumpia Basah Rp 10 Ribuan. Foto: detikFood

Ada dua jenis lumpia basah di Indonesia. Lumpia basah khas Semarang dan Bandung. Bedanya, kalau yang berasal dari Semarang biasa disebut loenpia dengan isian rebung. Sedangkan yang asalnya dari Bandung, kulit lumpia diberikan olesan tepung sagu manis dan isiannya menggunakan bengkuang.

Salah satu penjual lumpia basah khas Bandung bisa kamu temui di Stasiun Pondok Cina, Depok. Gerobaknya tak memiliki nama, hanya bertuliskan 'Lumpia Basah'. Lumpia basah ini juga pernah viral di TikTok.

"Lumpia basah kita beda sama yang dari Semarang, karena ini khas Bandung. Isiannya pakai bengkuang sama taoge, kalau Semarang kan pakai rebung," kata Jimi, penjual Lumpia Basah di Stasiun Pondok Cina kepada detikFood (7/12).

Jajanan Pilihan DetikFood di Stasiun Pondok Cina. Ada Serabi Solo, Street Food Korea, dan Lumpia Basah Rp 10 Ribuan.Jajanan Pilihan DetikFood di Stasiun Pondok Cina. Ada Serabi Solo, Street Food Korea, dan Lumpia Basah Rp 10 Ribuan. Foto: detikFood

"Terus kita juga selalu fresh, soalnya dimasak kalau ada yang pesan. Harganya Rp 10.000 per porsi. Nggak ada varian kayak sosis atau bakso gitu, cuma dicampur telur aja," sambung Jimi.

Lumpia basah racikan Jimi ini memang selalu segar karena baru dibuat kalau ada pesanan. Tak ada varian rasa seperti tambahan sosis atau bakso. Hanya saja bisa memilih level kepedasannya.

Tak heran kalau lumpia basah ini bisa viral di TikTok, karena rasanya terbukti enak. Baru suapan pertama langsung tercecap rasa gurih, manis, dan agak pedas di lidah. Membuat kami tak bisa berhenti untuk menikmatinya.

Baca Juga: 5 Jajanan Murah Nikmat di Stasiun Pondok Cina, Mulai dari Rp 2 Ribuan!

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Serabi Solo dan Lumpia Basah, Cita Rasa Autentik di Pondok Cina"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
Eureka
×
Misteri Multiverse
Misteri Multiverse Selengkapnya