Sulit Dapat Kerjaan, Kakak-Adik Jual Makanan Pedas, Ternyata Laris!

Nada Zeitalini Arani - detikFood Kamis, 16 Des 2021 17:29 WIB
Baso Aci Foto: dok. EXITO KITCHEN
Jakarta -

Masyarakat Indonesia memiliki ciri khas kuliner yang beragam. Namun hampir kebanyakan dari masyarakatnya mencintai kuliner dengan cita rasa pedas. Selain membuat makanan lebih lezat, makanan pedas juga terasa lebih menantang.

Bicara tentang menu makanan pedas, ada usaha kuliner yang menjual berbagai menu makanan pedas dengan harga terjangkau yaitu mulai dari Rp 10 ribuan. Ini adalah EXITO KITCHEN milik Puri Ramadhanti dan kakaknya yang menjual menu ayam geprek, mie becek dan baso aci. Usaha ini berada di Jalan Jambi-Muaro Bulian, Kecamatan Jambi.

Usaha kuliner ini dimulai oleh Puri dan kakaknya sejak tahun 2020 lalu. Pengurangan karyawan di masa pandemi yang dialami Puri dan juga kakaknya pada Agustus 2020 menjadi titik balik merintis usaha ini.

"Sulitnya lapangan pekerjaan dikala pandemi kami memutuskan untuk memulai usaha ini," ujar Puri kepada detikcom.

Di Awal, keduanya menjalani usaha melalui pesan online yang kemudian diantar langsung oleh mereka kepada konsumen. Hingga akhirnya dengan mengumpulkan uang sedikit demi sedikit dan juga tabungan selama bekerja, mereka pun membuka kios kecil untuk usahanya.

"Jika terhitung sejak kami mulai berjualan online, maka usaha kami sudah berjalan 14 bulan," tuturnya.

Menu makanan yang dijual di EXITO KITCHEN punya harga yang terjangkau, kisaran Rp 10 ribu sampai dengan Rp 15 ribu. Untuk menu baso aci dan ayam geprek, konsumen bisa memilih paket murah, paket hemat, dan paket komplit. Lalu untuk menu mie becek konsumen bisa memilih level kepedasan mulai dari level 1 sampai level 5.

Siapa sangka, usaha yang menjadi titik balik di masa pandemi Puri dan kakaknya saat kehilangan pekerjaan ini bisa menjual kurang lebih 500 produk per bulan. Omzet yang dihasilkannya pun bisa sampai Rp 7 juta per bulan.

Meski begitu, Puri mengakui ikut merasakan dampak pandemi pada usahanya. Ia mengatakan penjualan setiap harinya sepi bahkan terkadang sangat sepi. Ia pun melakukan strategi dengan mendaftarkan usahanya pada aplikasi ojek online agar bisa menjangkau konsumen yang lebih banyak lagi.

Puri dan kakaknya pun ingin terus mengembangkan usahanya agar lebih dikenal banyak orang. Tujuannya adalah mendapatkan konsumen yang lebih banyak dan luas lagi. Mereka pun mendaftarkan usaha EXITO KITCHEN dalam program 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' yang digelar oleh detikcom bersama Kraft Heinz Food Service. Alasan tertarik ikut bergabung dalam program tersebut untuk mendapatkan pengalaman dan ilmu dari ahlinya.

"Menjadi salah satu pengalaman paling berharga karena bisa ikut program ini karena langsung diberikan materi oleh ahlinya dan tanpa dipungut biaya apapun," jelasnya.

Selain berharap lewat program ini mampu meningkatkan eksistensi usahanya. Ia juga berharap bisa mempraktekan ilmu-ilmu yang didapatkan dari program tersebut untuk memajukan lagi usaha kulinernya.



Simak Video "Banting Setir! Rio Haryanto Kini Fokus Bisnis Kuliner di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com