Bisa Jadi Oleh-oleh, Pie Susu Banten Ini Hadirkan Varian Rasa Kekinian

Erika Dyah - detikFood Rabu, 15 Des 2021 21:53 WIB
Instagram.com/kaibonindonesia Foto: Instagram.com/kaibonindonesia
Jakarta -

Camilan pie susu dikenal sebagai salah satu buah tangan populer khas Bali. Akan tetapi, camilan yang satu ini juga bisa ditemui di berbagai daerah lain, salah satunya Banten yang juga memiliki pie susu khas tersendiri.

Pie susu merupakan camilan pastry yang memiliki cita rasa manis dan gurih khas susu, pinggirannya yang terbuat dari adonan pastry membuat pie susu terasa crunchy dan makin yummy. Biasanya, pie ini diisi dengan lapisan kustar yang sangat tipis namun legit sehingga bikin yang makan terus makin ketagihan.

Pemuda asal Banten, Sofi Nurmala pun membuat racikan pie susu tersendiri yang dibrandingnya sebagai usaha fusion oleh-oleh khas Banten. Adapun usaha yang ia beri nama Kaibon Indonesia ini dimulainya di masa pandemi, tepatnya pada 20 Juni 2021 dengan sejumlah rekan.

"Kami melihat peluang usaha oleh-oleh di Banten masih terbuka lebar, karena belum ada pihak yang menggarap usaha fusion oleh-oleh kekinian di Banten. Setelah itu kami melakukan riset produk, hingga pada akhirnya terpilihlah beberapa rasa yang mewakili cita rasa yang sudah familiar di masyarakat juga rasa tradisional dan rasa kekinian," ungkap Sofi kepada detikcom, Rabu (15/12/2021).

Sofi menyebutkan, pihaknya menghadirkan pie susu dengan aneka varian rasa, salah satunya rasa Original yang jadi favorit semua orang. Selain itu, ada juga varian rasa yang unik dan otentik khas Indonesia seperti varian Palm Sugar, serta rasa yang menurutnya cukup kekinian, seperti Cheese, Chocolate, dan Cookies n Cream.

Ia berharap usahanya ini bisa menjadi produk makanan favorit yang melegenda seperti Keraton Kesultanan Kaibon Banten yang dikenang hingga saat ini. Adapun produk baru oleh-oleh Khas Banten ini dipasarkan secara online melalui media sosial, serta dipasok di sejumlah toko oleh-oleh yang ada di daerah Serang dan Cilegon, Banten.

Untuk meningkatkan penjualan, Sofi pun kerap memberi penawaran promo spesial melalui media sosial Kaibon Indonesia. Selain itu, pihaknya juga mengikuti program pengembangan bisnis kuliner guna terus mengembangkan bisnis miliknya. Salah satunya dengan menjadi peserta 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' yang digelar oleh detikcom bersama Kraft Heinz Food Service. Ia mengaku tertarik mengikuti program ini karena melihat benefit dan ilmu yang didapatkan pada program ini.

"Kami bisa mendapatkan ilmu dari para pelaku usaha dan mendapat benefit seperti promosi dari detikcom, kursus dari lembaga yang terpercaya, juga modal usaha bagi yang terpilih," kata Sofi.

Menurutnya, program ini pun menyenangkan untuk diikuti. Sebab, pihaknya bisa melihat sisi lain dan pandangan baru mengenai dunia usaha dari para pelaku usaha langsung mengenai bisnis yang dijalani. Ia berharap melalui program ini, pihaknya bisa memberi pengaruh pada perbaikan konversi penjualan juga pengenalan produk dari Kaibon Indonesia.

"Bisa mendapatkan kelas eksklusif dari AFC untuk pengembangan produk kedepannya dan bisa mendapatkan modal usaha, agar kami bisa mengembangkan usaha yang sedang dijalani," pungkasnya.

(akn/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com