Berawal dari Iseng, Pria Ini Sukses Jual 600 Pcs Ayam Kalasan Sebulan

Inkana Izatifiqa R Putri - detikFood Senin, 13 Des 2021 22:37 WIB
Instagram/ayamsholeh Foto: Instagram/ayamsholeh
Jakarta -

Ayam goreng kalasan memang terasa beda dari ayam goreng pada umumnya. Selain menggunakan ayam kampung, ayam kalasan juga terbuat dari bumbu yang dicampur air kelapa. Hal inilah yang membuat cita rasa ayam goreng menjadi lebih gurih.

Alam Firdaus Heriza, merupakan salah satu pebisnis kuliner yang berhasil menciptakan resep ayam kalasan yang enak. Meski berawal dari iseng mencoba, resep miliknya kini telah ia gunakan untuk berjualan alam kalasan. Bahkan, Alam telah memiliki rumah makan sendiri dengan nama Ayam Kalasan Cap Anak Sholeh Cibinong.

"Awalnya saat sedang kuliah di Purwokerto saya iseng buka Go Food dengan resep coba-coba. Setelah trial dan error akhirnya saya menemukan resep yang enak. Kemudian saya mulai berjualan di grup Facebook. Setelah cukup modal akhirnya saya buat BPOM dan halal MUI hingga sekarang saya telah memiliki beberapa agen di Indonesia," ujarnya kepada detikcom baru-baru ini.

Tak hanya menjual ayam kalasan dalam bentuk matang, Alam juga menjualnya dalam bentuk frozen. Alam bercerita dalam satu bulan dirinya bisa menjual hingga 600 pack ayam. Dari keisengannya, Alam kini bisa meraup omzet Rp 20-25 juta per bulan. Menariknya lagi, usahanya juga telah memiliki beberapa partner yakni, Ayam Berkah Siaga, Kalasan Sultan, dan Ayam Kalasan Semarang.

Keberhasilan bisnis Alam tentu tak lepas dari usahanya. Alam juga menghadirkan harga yang terjangkau, yakni Rp 25 ribu untuk satu potong ayam, nasi, lalapan, tahu tempe, dan sambal. Selain itu, ia juga sering memberikan promo potongan harga melalui platform pesan antar online, seperti GoFood dan GrabFood.

Di tengah pandemi, Alam mengaku sama sekali tak mengalami dampak. Selain karena ia menjual makanan frozen, sejak awal berbisnis Alam juga telah berjualan online.

"Tidak terdampak karena dari awal saya berjualan sudah online," paparnya.

Meski bisnisnya sudah terbilang menghasilkan, Alam tetap terus berupaya untuk mengembangkan bisnisnya agar lebih maju. Ia pun mengikuti acara Kembangkan Bisnis Kulinermu dari detikcom x Kraft Heinz Food Service untuk mendapatkan insight dari para pebisnis kuliner lainnya. Alam berharap lewat acara ini dirinya bisa ikut sukses layaknya mereka.

"Alasan ikut ingin mendengar langsung pengalaman dari Founder Kebab Baba Rafi dan mendengar kiat-kiat usaha dari beliau. Sangat senang karena dapat ilmu pengetahuan baru dari berbagai narasumber. Harapannya, bisa sukses seperti para narasumber," pungkasnya.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com