ADVERTISEMENT

Punya Pelanggan Turun Temurun, Mie Hengky Mampu Bertahan 3 Generasi

Hermawan Mappiwali - detikFood
Senin, 13 Des 2021 15:00 WIB
Mie Hengky, Mie Kering Kuah Kental Legendaris di Makassar
Foto: Hermawan Mappiwali
Makassar -

Salah satu kuliner terkenal di Makassar ialah Mie Hengky. Kuliner ini sudah dikelola tiga generasi sehingga tak berlebihan jika dijuluki sebagai kuliner legendaris di Makassar.

Pengelola Mie Hengky saat ini, yakni Cary (37) menceritakan awal mula usaha kuliner Mie Hengky berjalan. Dia menyebut usaha kuliner ini pada awalnya dimulai kakeknya yang bernama Angko Tjao.

Angko Tjao yang merupakan seorang keturunan China yang datang ke Makassar dan memulai usaha Chinese Food berupa berbagai jenis mie pada sekitar tahun 1900-an. Tidak disangka, kuliner Angko Tjao banyak digemari oleh penduduk di Makassar.

Mie Hengky, Mie Kering Kuah Kental Legendaris di MakassarMie Hengky, Mie Kering Kuah Kental Legendaris di Makassar Foto: Hermawan Mappiwali


Kuliner Mie Hengky Mulai Dikembangkan

Menurut Cary, Angko Tjao memiliki beberapa orang anak. 4 Orang di antaranya termasuk Hengky kemudian masing-masing memulai usaha kuliner mie.

Cary mengatakan, ayahnya membuka usaha kuliner Mie Hengky. Sementara tiga orang saudara ayahnya masing-masing membuka usaha dengan nama Mie Titi, Mie Awa dan Mie Amoy.

Penamaan Mie Hengky hingga Mie Titi tersebut, menurut Cary, menggunakan nama masing-masing dari anak Angko Tjao.

"Ya memang kan masing-masing anak (dari Angko Tjao) buka usaha mie, jadi mereka pakai nama-namanya sendiri," ujar Cary kepada detikcom, Jumat (10/12/2021) malam.


Punya Komunitas Pelanggan Sendiri

Cary mengatakan, Mie Titi, Mie Awa, Mie Amoy dan Mie Hengky tersebut mampu bertahan hingga kini karena masing-masing mampu mengakomodir selera pelanggan. Strategi tersebut jelas membuat Mie Hengky sendiri memiliki basis pelanggan sendiri.

"Jadi kalau ditanya apa bedanya pasti ada dan masing-masing dia punya pelanggan tersendiri," ungkap Cary.

Seperti contoh, warung Mie Hengky sendiri tepat berdiri di depan Pelabuhan Soekarno-Hatta, Kota Makassar. Mie Hengky kemudian turut menjadi andalan sejumlah anak buah kapal (ABK).

"Jadi kita itu sudah punya pelanggan sendiri yang istilahnya sudah kenal dengan mie Hengky ini. Contohnya ABK, kadang kalau ada kapal sandar, ABK yang sudah kenal sama Mie Hengky pasti langsung ke sini dia," katanya.

"Mungkin dengar tadi ada ABK yang pakai logat Jawa itu, ya memang sudah langganan kita. Makanya kalau dia sandar di pelabuhan sini pasti cari kita," lanjut Cary.

Mie Hengky, Mie Kering Kuah Kental Legendaris di MakassarMie Hengky, Mie Kering Kuah Kental Legendaris di Makassar Foto: Hermawan Mappiwali

Hal serupa juga berlaku ke warga lokal Makassar. Warung Mie Hengky bukan hanya pengelolanya saja yang turun temurun. Pelanggannya pun turun temurun.

"Jadi misalnya yang makan di sini tadi itu kan sekeluarga. Jadi dia kan dulu waktu ayah saya yang jualan, ayahnya dia sering makan ke sini dan dia sering ikut," katanya.

"Begitu juga sekarang, giliran dia yang bawa keluarganya makan di sini," sambung Cary.

Hal senada juga diungkap salah seorang pelanggan Mie Hengky, yakni Omi. Dia pun mengaku kerap makan Mie Hengky sejak tahun 1973.

"Jadi dulu waktu itu saya masih SMP, teman-teman sering ajak makan ke sini, waktu itu yang jual masih Pak Hengky. Ternyata enak," kata Omi dalam wawancara terpisah.

Omi mengaku masih menggemari Mie Hengky hingga saat ini karena masakannya yang fresh saat dihidangkan.

"Kan dia baru campur semua bahan saat kita memesan. Segala macam baru dimasak, ya pas kita makan sampai habis tetap panas," kata Omi.

Omi sendiri mengaku tinggal di wilayah Daya atau berjarak 16,3 km dengan warung Mie Hengky. Omi menyebut jarak itu tak masalah karena sejak awal dia memang menggemari Mie Hengky.

"Kalau saya kan tinggal di Daya tapi memang tetap sering makan di sini, bawa istri bawa anak-anak," pungkas Omi.



Simak Video "Hasil Penelusuran BPOM soal Penarikan Mie Sedaap Korean Spicy di Hong Kong"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT