Presiden Jokowi Ultah, Intip Momennya Cicip Kopi Aceh dan Mi Titi Makassar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 21 Jun 2021 10:30 WIB
Presiden Jokowi Ultah, Intip Momennya Cicip Kopi Aceh dan Mi Titi Makassar Foto: detikcom
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun ke-60 hari ini. Ia adalah sosok pencinta makanan tradisional, terbukti dari berbagai momen kulinernya ini.

Hari ini yaitu Senin 21 Juni 2021, Jokowi merayakan usia barunya yang ke-60. Berbagai ucapan selamat dan doa sudah diberikan banyak netizen di media sosial untuk ayah tiga anak ini.

Terbukti dari tagar #HBDJokowi60 yang jadi trending topic di Twitter Indonesia hari ini. Banyak netizen memberi doa terbaik untuk pria kelahiran Solo ini.

Mengenai sosoknya, Jokowi dikenal sederhana termasuk dalam urusan makan. Ia juga seorang pencinta makanan tradisional.

Jokowi tak segan mencicipi beragam makanan daerah saat berkunjung ke suatu tempat. Biasanya kunjungan ini dalam rangka pekerjaan.

Jokowi pernah mencoba lezatnya beragam masakan Aceh, Bali, hingga Manado. Berikut detikfood (21/6) merangkum momen Jokowi mencoba berbagai makanan daerah Indonesia:

1. Coba ikan steam Aceh hingga kopi sanger

Presiden Jokowi Ultah, Intip Momennya Cicip Kopi Aceh dan Mi Titi MakassarPresiden Jokowi Ultah, Intip Momennya Cicip Kopi Aceh dan Mi Titi Makassar Foto: YouTube Presiden Joko Widodo

Tahun 2020, Jokowi mengunggah video #jkwkuliner yang menampilkan berbagai makanan daerah favoritnya. Untuk makanan Aceh, Jokowi ternyata punya banyak makanan favorit. Mulai dari makanan utama sampai kopi Aceh yang terkenal akan kenikmatannya.

Rumah Makan Hasan menjadi salah satu tempat makan yang menunya pernah dicicipi Jokowi. Di sini tersedia kari kambing, ayam tangkah, hingga ikan gabus yang diolah dengan bumbu autentik Aceh.

Kemudian ada sajian ikan steam Aceh buatan restoran Banda Seafood yang disukai Jokowi. "Saya masih merindu masakan Aceh. Saya ingin datang ke Banda Seafood, rumah makan seafood yang laris di kota itu, menikmati terutama ikan steam Aceh andalannya. Semoga ada waktu," tulis Jokowi saat itu.

Untuk kopi, Jokowi pernah menyambangi Ring road Coffee. Menu yang dipesannya adalah kopi sanger khas Aceh. Senger sendiri merupakan kependekan kalimat 'sama-sama mengerti'.

Baca Juga: Jokowi Kulineran di Aceh, Coba Kari Kambing, Ikan Steam dan Kopi Sanger

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menjajal Es Dawet Telasih Legendaris Favorit Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com