Kisah Inspiratif Warga Tangsel Rintis Usaha Burger dari Garasi Rumah

Jihaan Khoirunnisa - detikFood Sabtu, 11 Des 2021 17:36 WIB
Burger Bakar Foto: Instagram.com/ @tebuci.tangerang
Jakarta -

Konon katanya lokasi jadi kunci kesuksesan dalam berbisnis. Sehingga tidak jarang pengusaha rela mengeluarkan modal besar demi mendapatkan lokasi yang strategis.

Padahal, tidak harus seperti itu. Beberapa pengusaha tetap bisa sukses membangun bisnis walau dari garasi rumah sederhana. Seperti yang dilakukan Sigit Hadi Pratomo, pemilik Tebuci Tangerang yang berdomisili di Tangerang Selatan (Tangsel). Menurut Sigit, keterbatasan tempat bukan penghalang untuk merintis bisnis kuliner.

Meski bagi sebagian orang, garasi hanya sebatas ruangan kecil untuk memarkirkan mobil. Namun, Sigit berhasil memanfaatkan garasi rumahnya untuk memulai usaha kuliner pada September 2021.

"Usaha didirikan tanggal 26 September 2021 dari sebuah garasi kendaraan kami yang masih kosong," ujarnya kepada tim detikcom.

Adapun Tebuci Tangerang merupakan bisnis kuliner yang menawarkan berbagai macam menu. Salah satu yang paling terkenal yaitu burger bakar. Tak seperti burger pada umumnya, burger bakar diolah menggunakan roti berwarna hitam dan potongan daging lokal. Ditambah dengan saus ala Tebuci yang menghadirkan cita rasa dan aroma 'smoke' yang menggugah selera.

Selain itu ada juga kebab bakar dan roti maryam yang tidak kalah nikmat. Untuk bisa menikmati berbagai menu dari Tebuci Tangerang, kamu hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp 14 ribu. Cukup ekonomis bukan?

Walau harganya ramah di kantong, namun Sigit menjamin kualitas burger dan kebab yang dijualnya. Tentunya dengan isian daging yang melimpah.

"Usaha berawal dari keinginan saya dan istri yang sudah bosan menjadi karyawan di perusahaan. Kami bercita-cita mempunyai usaha sebelum usia pensiun dari pekerjaan. Meski masih lama umur pensiun namun kami bertekad menjadi CEO untuk perusahaan kami," terangnya.

Sigit mengaku dalam sebulan bisa menjual hingga 400 burger dan kebab, serta mengantongi omzet jutaan. Namun menurutnya, pandemi juga berdampak terhadap perkembangan bisnis kuliner. Sehingga dia menyiasatinya dengan mengoptimalkan pengiriman online. Selain itu juga mengadakan berbagai macam promo menarik.

Sebagai informasi, Sigit merupakan foodpreneur peserta 'Kembangkan Bisnis Kulinermu'. Acara ini digelar oleh detikcom bersama Kraft Heinz Food Service demi mendukung usaha kuliner Tanah Air agar bisa naik kelas.

"Saya rasa (acaranya) sangat bermanfaat untuk UMKM yang baru mulai merintis usaha. Semoga ke depan penjualan kami semakin meningkat," pungkasnya.



Simak Video "Adu Rasa 3 Burger Rp 20 Ribuan, Mana yang Paling Enak?"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com