ADVERTISEMENT

Bangga! Buku Tentang Rendang Jadi 'Best of the Best' di Gourmand Awards

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 01 Des 2021 12:30 WIB
Bangga! Buku Tentang Rendang Jadi Best of the Best di Gourmand Awards
Foto: Instagram renoandamsuri

Buku yang menceritakan soal beragam rendang di Sumatera Barat

Bangga! Buku Tentang Rendang Jadi 'Best of the Best' di Gourmand AwardsBangga! Buku Tentang Rendang Jadi 'Best of the Best' di Gourmand Awards Foto: Instagram renoandamsuri

Mengenai isi buku Rendang: Minang Legacy to the World, uni Reno mengatakan sama dengan buku Rendang Traveler buatannya juga. "Buku ini menceritakan tentang rendang Minang, mendokumentasikan beragam rendang yang ada di Sumatera Barat. Dibuat edisinya sangat terbatas, cuma 10 eksemplar, 10 buku waktu itu, dan diikut lombakan juga di Gourmand Awards. (Intinya buku ini) menceritakan tentang rendang-rendang yang ada di Minangkabau," kata pengusaha kuliner Rendang Uni Farah ini.

Diakui uni Reno, proses pembuatan buku ini cukup lama, terutama dalam proses layout-nya. "Aku terlibat dari A sampai Z, dari mulai riset sampai layout dan proses cetaknya. Sekitar 1 tahun, bolak-balik Sumatera Barat dan akhirnya mengumpulkan semua rendang-rendang itu dan kemudian kita foto sebaik mungkin. Baru kita layout dan kita kirimkan buku itu ke Gourmand Awards untuk ikut dilombakan," katanya.

Senang rendang bisa semakin dikenal di internasional

Bangga! Buku Tentang Rendang Jadi 'Best of the Best' di Gourmand AwardsBangga! Buku Tentang Rendang Jadi 'Best of the Best' di Gourmand Awards Foto: Instagram renoandamsuri

Kemenangan buku Rendang: Minang Legacy to the World dalam ajang Gourmand Awards membuat uni Reno begitu senang. Ia menuturkan, "Tentu saja senang ketika makanan Indonesia, khususnya rendang, semakin dikenal orang, semakin diketahui orang cerita di baliknya."

"Jadi kalau sekarang mungkin orang-orang bisa memperkenalkan rendang sebagai makanan terenak nomor satu (di dunia) dengan menyajikannya, tapi menjadi lengkap ketika kita juga bisa menceritakan tentang rendang itu lebih jauh melalui bukunya. Jadi aku senang ketika buku ini bisa dibaca oleh orang-orang di luar sana, terpampang di toko buku luar negeri. Jadi itu salah satu yang membuat aku bangga atas penghargaan ini," tutup uni Reno.

Bagi yang tertarik, buku Rendang: Minang Legacy to the World bisa dibeli di Periplus atau melalui uni Reno di Instagramnya, renoandamsuri.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT