Ke Makassar, Sandiaga Uno Terpikat Kelezatan Konro hingga Pisang Epe

Ibnu Munsir - detikFood Rabu, 24 Nov 2021 09:45 WIB
Makassar -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mencicipi berbagai kuliner Makassar. Ia menyantapnya saat berkunjung ke kediaman wali kota Makassar Moh.Ramdhan "Danny" Pomanto.

Denny memang menyiapkan jamuan spesial untuk tamu istimewanya itu. "Disajikan dalam jamuan makan malam ini seperti Konro, Kikil, dan Mie Kering yang menjadi menu utama," kata Danny di kediaman pribadi wali kota Makassar di Jalan Amirullah, Selasa (23/11/2021).

Saat tiba di kediaman wali kota, Sandiaga Uno nampak mengenakan kaos kasual bertuliskan Wonderful Indonesia. Ia disambut hangat oleh wali kota Danny bersama wakilnya, Fatmawati Rusdi.

Ke Makassar, Sandiaga Uno Terpikat Kelezatan Konro hingga Pisang EpeKe Makassar, Sandiaga Uno Terpikat Kelezatan Konro hingga Pisang Epe Foto: Istimewa

"Menggelar jamuan makan malam bersama beserta rombongan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno," jelas Danny mengenai acara malam itu.

Menteri Sandiaga Uno yang mendapat panggilan Daeng Menteri itu juga disajikan panganan kue-kue khas Makassar usai makan malam. Beberapa di antaranya adalah barongko dan pisang epe.

Barongko sendiri merupakan kue khas Makassar berbungkus daun pisang. Teksturnya yang lembut merupakan adonan pisang yang dihaluskan, telur, hingga santan. Barongko lalu dikukus hingga matang.

Resep Pisang Epe Khas MakassarKe Makassar, Sandiaga Uno Terpikat Kelezatan Konro hingga Pisang Epe Foto: iStock

Kalau pisang epe adalah jajanan khas Makassar yang menggunakan pisang kepok atau pisang raja sebagai bahan utamanya. Pisang ini di "epe" alias dijepit menjadi pipih lalu dibakar. Biasanya penjual pisang epe banyak ditemukan di sekitar Pantai Losari.

Wali kota Danny berharap dengan adanya kunjungan Sandiaga Uno pada jamuan makan malam ini dapat mempererat tali silaturahmi antara pemerintah Kota Makassar dengan Menparekraf.

"Kunjungan Menparekraf ke Makassar, tentunya tidak lengkap jika tidak mencicipi sajian kuliner khas Kota Makassar. Tentunya ini juga sebagai promosi dan memperkenalkan aneka panganan khas daerah kita," jelas Danny.

Ke Makassar, Sandiaga Uno Terpikat Kelezatan Konro hingga Pisang EpeKe Makassar, Sandiaga Uno Terpikat Kelezatan Konro hingga Pisang Epe Foto: Istimewa

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Mohammad Roem mengatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno sangat menikmati kuliner Makassar.

"Beliau (Pak Sandi) sangat menikmati kuliner Makassar. Luar biasa, beliau disajikan konro, mie kering, dan pisang epe. Tentu ini semua kuliner favorit beliau," kata Roem.

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com