ADVERTISEMENT

Salad Bowl Pakai Topping Sosis Kanzler, Tertarik Coba?

Inkana Izatifiqa R Putri - detikFood
Rabu, 10 Nov 2021 20:20 WIB
honestbowl.id
Foto: dok. Instagram/honestbowl.id
Jakarta -

Tren gaya hidup sehat membuat banyak orang kini beralih mengonsumsi makanan bernutrisi. Hal ini pun berdampak terhadap munculnya berbagai bisnis kuliner makanan sehat mulai dari salad, jus, smoothie bowl, hingga oat jar.

Muhammad Haris Fadillah dan Amalia Rizki Nur Zhafarina, merupakan pebisnis yang juga mencoba peruntungan di bisnis kuliner makanan sehat. Berawal dari visi untuk hidup lebih sehat, mereka akhirnya membuka usaha Honestbowl.id di bulan Juli 2021.

"Cerita awal berdirinya usaha adalah karena disamakan oleh visi antara pemilik usaha untuk memajukan visi hidup sehat melalui salad. Usaha ini dimulai pada saat bulan Juli 2021," ujar Haris kepada detikcom.

Haris menjelaskan di tengah pandemi, masyarakat memerlukan makanan sehat untuk menunjang imunitas tubuh. Dari sinilah, mereka berinovasi membuat Honestbowl.id, yakni salad sayur dengan isi berbagai sayuran sehat.

"Honestbowl.id saat ini memiliki menu salad sayur yang di dalamnya mempunyai kandungan-kandungan ekstra sehat yang dapat menunjang imunitas dan ketahanan tubuh," katanya.

Adapun dalam satu mangkuk salad, Honestbowl.id tak hanya menyajikan sayur, tetapi juga sumber protein seperti sosis dan telur. Untuk menu Honestbowl.id, konsumen bisa memilih 2 varian salad yakni, Honest Salad with Kanzler Sausage dan Honest Salad with Butter Scramble Egg.

Di setiap bowl, Honestbowl.id menggunakan berbagai varian sayur seperti baby potato, jagung manis, wortel, kol ungu, tomat ceri, dan selada. Soal harga, Honest Salad with Kanzler Sausage dijual seharga Rp 35 ribu, sedangkan Honest Salad with Butter Scramble Egg Rp 30 ribu.

Terkait pendapatan, Haris menyebut dalam satu bulan ia bisa memperoleh Rp 7 juta dengan penjualan 200 mangkuk salad per bulannya. Namun, pandemi membuat usahanya cukup terdampak sehingga ia harus memutar otak untuk melakukan usaha secara delivery dan sistem pre order.

"Kami melakukan sistem pre order dan secara online sehingga dapat menekan biaya modal yang terbuang dikarenakan sayur-sayuran yang tidak terpakai dan menekan biaya gerai," jelasnya.

Untuk mengembangkan bisnis Honestbowl.id, ia juga meningkatkan awareness masyarakat untuk makan makanan sehat dengan harga terjangkau. Tak hanya itu, Haris juga mengikuti program Kembangkan Bisnis Kulinermu dari Kraft Heinz Food Service dan detikcom. Melalui program ini, ia berharap dapat meningkatkan pendapatan serta awareness gaya hidup sehat.

"Program ini sungguh sangat bagus dalam memgembangkan bisnis UMKM yang terdampak pandemi lewat media iklan. Harapanya, agar dapat meningkat revenue Honestbowl.id secara khusus dan awareness hidup dengan makanan sehat secara umum," tutupnya.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT