Gurih Sedep! Lontong Opor Pak Pangat yang Tersohor di Blora

Febrian Chandra - detikFood Senin, 25 Okt 2021 14:30 WIB
Gurih Sedep! Lontong Opor Pak Pangat yang Tersohor di Blora Foto: Febrian Chandra
Blora -

Kuliner Blora ini layak dicicipi saat kamu berada di sana. Lontong opor racikan Pak Pangat begitu terkenal dengan rasa pedas nikmat dan tekstur kuahnya yang kental.

Sekali mencicipi lontong opor Pak Pangat, dijamin kamu ketagihan. Cita rasa opor ayam di Ngloram ini sudah tersohor, bahkan setiap kali ada kunjungan pejabat negara ke Kabupaten Blora, sajian lontong opor ini seolah jadi menu wajib untuk makan siang.

Terakhir menteri yang mencicipi lontong opor Pak Pangat adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir. Keduanya menyukai hidangan ini. Maklum rasanya benar-benar enak. Bumbu rempah-rempah yang dipakai membuat lidah orang-orang Jakarta itu terpikat akan lontong opor Pak Pangat.

Gurih Sedep! Lontong Opor Pak Pangat yang Tersohor di BloraGurih Sedep! Lontong Opor Pak Pangat yang Tersohor di Blora Foto: Febrian Chandra

Berbeda dengan opor ayam biasa yang warna kuahnya kekuningan dan tidak pedas, lontong opor Pak Pangat ini memiliki warna kuah agak kemerahan dan teksturnya lebih kental. Rasanya sedikit pedas karena ada cabai rawit utuh yang mengisi kuahnya.

Selain itu, rasa rempah pada kuah kental opor ayam ini amat kuat. Rasanya semakin nikmat dengan taburan bawang goreng.

"Pecah, kepyar di lidah rasa kuahnya," kata Fajar, salah satu pengunjung lontong opor Pak Pangat kepada detikcom.

Dalam menyantap opor khas Ngloram ini, pengunjung bebas memilih memakai lontong atau nasi. Namun biasanya, disajikan dengan lontong. Penyajian opor ditempatkan dalam satu wadah mangkuk besar, didampingi lontong yang ditata berjajar dan bertumpuk.

Proses pembuatan opor Ngloram ini juga masih tradisional. Sutinah, istri Pak Pangat mengatakan, dalam proses memasak makanan dia masih menggunakan kayu bakar.

"Rasanya akan menjadi beda kalau menggunakan gas. Kita pertahanin pake kayu bakar," katanya.

Dalam sehari dia biasanya menghabiskan 50-70 ekor ayam kampung untuk diolah sebagai opor. "Kalau udah nggak dapat ayam kampung, ya udah nggak jualan," terangnya.

Untuk menyantap opor ayam Ngloram ini pengunjung tidak bisa datang langsung makan. Pengunjung harus memesan terlebih dahulu minimal 1 hari sebelumnya.

Gurih Sedep! Lontong Opor Pak Pangat yang Tersohor di BloraGurih Sedep! Lontong Opor Pak Pangat yang Tersohor di Blora Foto: Febrian Chandra

Sutinah mejelaskan, opor Ngloram ini sudah disajikan sejak tahun 1997. Hanya ada satu cabang yang dia buka yakni di wilayah Kecamatan Kedungtuban.

Kalau penasaran dengan kenikmatan lontong opor Pak Pangat, segera sambangi tempatnya. Untuk menuju warung ini, aksesnya sangat mudah.

Jika dari pusat kota Cepu, dibutuhkan waktu sekitar 15 menit. Ikuti arah ke bandara Ngloram. Dari bandara Ngloram hanya berjarak 2 menit. Warungnya terlihat seperti rumah pada umumnya, didominasi kayu dan dicat warna hijau. Penandanya banner bertuliskan "Opor Ayam Pak Pangat".



Simak Video "Kreatif! Penjual di Boyolali Bikin Mie Ayam Warna Pelangi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com