Seudep Poll! Gurita Bakar Digeprek Sambal Pedas Nampol

Erliana Riady - detikFood Selasa, 19 Okt 2021 12:30 WIB
Geprek Gurita yang Pedas Gurih di Blitar, Jawa Timur Foto: detikFoo/Erliana Riady
Jakarta -

Menu geprek biasanya dipadukan dengan ayam goreng. Namun di Pantai Serang, Blitar pengunjung bisa menikmati geprek gurita yang pedas gurihnya nampol.

Adalah Mediyanto yang berinovasi menyajikan menu gurita geprek ini. Lokasi warungnya ada di bibir Pantai Serang Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Bahan masakan mudah didapat dengan harga relatif murah, apalagi jika bulan Oktober sampai November seperti ini. Merupakan musim panen gurita bagi nelayan di pesisir selatan Blitar.

Proses memasak geprek gurita juga sangat mudah. Gurita dibersihkan dan dikerat-kerat badannya, kemudian dicapit menggunakan bilah bambu yang dibelah dua. Lalu gurita dibakar sampai di atas bara api. Cairan bumbu dioleskan secara pelan, agar meresap ke daging gurita yang telah berubah warna.

"Ini hanya bawang putih sama garam bumbunya. Dikasih air agar mudah dioleskan ke guritanya. Kalau olesan pertama agak kering, baru dioleskan kecapnya sampai dagingnya empuk. Membakar gurita ini gak lama, sekitar 15 menit saja sudah matang," papar pria berusia 37 tahun ini, Selasa (19/10/2021).

Geprek Gurita yang Pedas Gurih di Blitar, Jawa TimurGeprek Gurita yang Pedas Gurih di Blitar, Jawa Timur Foto: detikFoo/Erliana Riady

Sementara Mediyanto membakar gurita, sang istri menyiapkan bumbu sambal gepreknya. Tak ada yang berbeda dengan sambal geprek pada umumnya, bumbu yang disiapkan terdiri cabai, bawang putih dan bawang merah yang ditaburi sedikit garam. Lalu diulek sampai halus.

"Menyesuaikan selera pembeli. Ada yang sambalnya suka dikasih tomat ada juga yang tidak. Kalau geprek ya memang hanya itu bumbu sambalnya," imbuhnya.

Begitu gurita matang, diangkat dari dalam tungku langsung ditaruh di atas cobek yang berisi sambal geprek. Gurita lalu digeprek atau dipukul-pukul di atas sambal. Geprek guritapun siap disantap bersama sepiring nasi hangat.

Geprek Gurita yang Pedas Gurih di Blitar, Jawa TimurGeprek Gurita yang Pedas Gurih di Blitar, Jawa Timur Foto: detikFoo/Erliana Riady

Gurih kenyal daging gurita beradu dengan pedasnya sambal bikin selera makan bertambah. Tekstur gurita yang kenyal menyatu dengan sambal geprek yang pedasnya nendang. Mantap !

"Ini menu yang berbeda. Geprek gurita lebih gurih menggoda daripada geprek ayam goreng. Ada sensasi yang beda ketika menyantap geprek gurita ini. Sedap...mantap....gurih," ujar seorang pembeli, Robby Ridwan yang tampak menikmati bersama dua temannya.

Sejak menghadirkan menu gurita gemprek ini, warung makan Mediyanto lebih ramai. Dalam sehari, tak kurang 30-40 kg gurita habis dibakar untuk menu istimewa ini. Dan pada akhir pekan, Mediyanto mampu menghabiskan 50 kg gurita untuk menu gepreknya.

Geprek Gurita yang Pedas Gurih di Blitar, Jawa TimurGeprek Gurita yang Pedas Gurih di Blitar, Jawa Timur Foto: detikFoo/Erliana Riady

Jika berkunjung ke Pantai Serang, jangan lupa menikmati sensasi enak geprek gurita ini. Karena harganya relatif murah dan bisa dinikmati bareng keluarga. Satu kilogram gurita dibandrol seharga Rp 45.000, pembeli akan mendapat dua ekor gurita siap dibakar. Jika ditambah nasi plus minuman segar, dua porsi geprek gurita ini cukup merogoh kocek Rp 60.000 saja.



Simak Video "Sate Gurita Bakar Gurih nan Kenyal di Pasar Lama Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com