Empuk Gurih Kare Ayam Kampung Kayun, Kuliner Legendaris Lamongan

Eko Sudjarwo - detikFood Rabu, 13 Okt 2021 13:30 WIB
Empuk Gurih Kare Ayam Kampung Kayun, Kuliner Legendaris Lamongan Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan -

Selain soto, Lamongan punya kare ayam kampung Kayun yang sudah melegenda lebih dari 30 tahun. Daging ayam kampungnya yang empuk dan gurih siap menggoyang lidah siapapun yang mencicipinya!

Kare Ayam Kampung Kayun adalah nama warung yang berlokasi di Jalan Raya Mantub-Lamongan tepatnya di Dusun Pucung, Desa Puter, Kecamatan Kembangbahu. Nama Kayun diambil dari nama pemiliknya, Pak Haji Kayun dan Ibu Kayun yang sudah meracik bumbu kare legendaris ini selama hampir 37 tahun.

"Kami membuka usaha warung makan kare ayam kampungnya ini dikelola oleh keluarga sendiri sudah sekitar 37 tahunan. Warung ini sendiri berdiri sejak tahun 1984 dan tidak pernah pindah-pindah, dari dulu tempatnya ya di sini ini," kata Bu Kayun saat berbincang dengan detikcom sambil meracik menu kare pesanan pelanggan, Minggu (10/10/2021).

Cita rasa kare ayam Kayun juga tak pernah berubah dari masa ke masa. Hal inilah yang membuat warung makan ini selalu dipadati oleh pengunjung. Selain kare ayam, tidak ada menu lainnya di warung ini. Meski sudah berjalan puluhan tahun, Bu Kayun mengaku, ia selalu mengontrol kualitas kare bikinannya dan juga tak pernah melakukan perubahan pada resep dasarnya. "Kami tidak pernah melakukan perubahan pada resep dasar demi menjaga ciri khas kare ayam kampung kami," ujarnya.

Empuk Gurih Kare Ayam Kampung Kayun, Kuliner Legendaris LamonganEmpuk Gurih Kare Ayam Kampung Kayun, Kuliner Legendaris Lamongan Foto: Instagram lilik_indrayani_81

Untuk proses perebusan ayam, Bu Kayun mengaku jika hal itu dilakukan selama beberapa jam demi mendapatkan rasa gurih alami dari kaldu tulang ayam. Kare Kayun ini juga menyuguhkan daging ayam kampung yang empuk dan gurih serta potongan tulang-tulang berlapis daging ayam kampung yang besar pun cukup banyak tersaji.

Kuahnya yang oranye kemerahan ini menebarkan aroma yang semerbak nan sedap dan menggugah sesiapapun yang datang. "Setiap hari selalu habis terjual. Tak jarang pula ada yang sengaja memesan sedari awal agar tidak kehabisan saat berkunjung ke warung," tutur wanita 68 tahun ini.

Santan dalam kuah kare ayam ini alami, sehingga gurihnya pun alami dan bukan karena tambahan penyedap rasa. Dijamin, lidah para penikmatnya bergetar dan ketagihan. Tekstur daging ayam kampungnya juga tidak alot meski tulangnya besar, hampir tidak ada perlawanan di mulut saat menggigitnya. Perpaduan bumbu rempahnya membuat aroma dan rasa kare ayam kampung Kayun ini memang menggugah selera saat dihidangkan.

Empuk Gurih Kare Ayam Kampung Kayun, Kuliner Legendaris LamonganEmpuk Gurih Kare Ayam Kampung Kayun, Kuliner Legendaris Lamongan Foto: Eko Sudjarwo

Dalam sehari, Bu Kayun menghabiskan setidaknya 17 ekor ayam kampung. Seporsi kare ayam kampung Pak Kayun ini dijual Rp 40 ribu. Namun, satu porsi kare ayam Kayun ini memiliki ukuran yang cukup besar dan dijamin akan memuaskan rasa lapar siapapun yang datang. "Warung ini hanya menyediakan satu menu yaitu kare ayam kampung. Untuk nasinya, pembeli bisa langsung mengambil sendiri sepuasnya," tuturnya.

Salah satu pencinta kuliner kare ayam kampung Kayun, Abid mengaku sudah sejak lama langganan makan kare ayam kampung di tempat ini. Abid menyebut, rasa khas dari bumbu karen dan paduan ayamnya sangat enak dan tidak alat membuatnya ketagihan untuk makan di warung ini saat melintas di jalan raya Mantup.

"Rasanya sangat khas, potongan ayam kampungnya juga enak dan tidak alot, kuahnya sangat terasa bumbunya," kata Abid yang sering menyempatkan makan kare ayam di sini bersama keluarga dan teman-temannya.



Simak Video "Kelezatan Nasi Boran Ikan Sili Bumbu Pedas"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com