Harum Sedap Lodeh Kuthuk, Sajian Ikan Gabus Asap Khas Lamongan

Eko Sudjarwo - detikFood Kamis, 07 Okt 2021 11:00 WIB
Harum Sedap Lodeh Kuthuk, Sajian Ikan Gabus Asap Khas Lamongan Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan -

Beberapa makanan khas Lamongan dapat hak paten dari Kemenkumham RI. Selain yang sudah terkenal, Lamongan juga punya kuliner nikmat bernama lodeh kuthuk.

Lamongan memang dikenal kaya akan kuliner khas dan salah satu yang patut untuk dicoba adalah lodeh kuthuk (ikan gabus) asap. Salah satu warung di Lamongan yang menyajikan lodeh kuthuk asap adalah Warung Kuthuk Asap Bu Sanati yang lokasinya tidak jauh dari pertigaan Sumlaran, Kecamatan Sukodadi.

"Saya sudah berjualan lodeh kuthuk asap ini selama lebih kurang 32 tahun," kata Ibu Sanati saat berbincang dengan detikcom, Rabu (6/10/2021).

Ibu Sanati mengungkapkan, selama lebih dari 30 tahun membuka warung kuthuk ini lokasinya tidak pernah pindah, yaitu sekitar 100 meter dari pertigaan sumlaran ke utara. Masakan lodeh kuthuk ini kaya akan rempah dan santan. Seperti makanan khas Lamongan pada umumnya, rasa pedas gurih mendominasi dan menggoda siapapun yang ingin mencicipi masakan ini.

Harum Sedap Lodeh Kuthuk, Sajian Ikan Gabus Asap Khas LamonganHarum Sedap Lodeh Kuthuk, Sajian Ikan Gabus Asap Khas Lamongan Foto: Eko Sudjarwo

Rasa lodeh kuthuk makin nikmat jika ditambah nasi jagung yang juga tersedia di warung Bu Sanati. "Warung saya ini buka pagi sampai siang, sore biasanya sudah tutup," ujarnya.

Menurut Bu Sanati, proses membuat lodeh kuthuk relatif lebih lama dari pada lodeh ayam ataupun lodeh sayur. Karena ikan gabus segar sebagai bahan utama masakan ini terlebih dahulu dibersihkan dari sisik dan jeroannya.

Setelah bersih, ikan-ikan gabus ini kemudian dipotong-potong untuk kemudian dipanggang atau diasap. "Setelah itu semua bumbu dihaluskan, kemudian ditumis sampai harum, dan diberi santan kelapa untuk kemudian kita masukkan ikan kuthuk asap dan kita tunggu sampai mendidih," terangnya.

Harum Sedap Lodeh Kuthuk, Sajian Ikan Gabus Asap Khas LamonganHarum Sedap Lodeh Kuthuk, Sajian Ikan Gabus Asap Khas Lamongan Foto: Eko Sudjarwo

Untuk menikmati lodeh kuthuk asap ibu Sanati inipun tidak perlu untuk merogoh kocek terlalu dalam. Pasalnya hanya dengan uang Rp 17 ribu kita sudah bisa menyantap lodeh kuthuk asap dengan nasi ataupun nasi jagung. Pedas kenyalnya ikan gabus asap dijamin akan membuat pencinta masakan pedas ketagihan.

Salah satu pelanggan yang kerap makan di warung Ibu Sanati ini adalah Mahrus. Mahrus mengaku, ia kerap berkunjung ke warung yang berada di tepi sawah ini jika sedang ada acara ke Lamongan. Pedasnya lodeh dan gurihnya ikan gabus dengan ditambah nasi jagung selalu membuatnya tergoda. "Kebetulan saya pencinta masakan pedas, dan ikan kuthuk di warung ini memang lezat," kata Mahrus.

Harum Sedap Lodeh Kuthuk, Sajian Ikan Gabus Asap Khas LamonganHarum Sedap Lodeh Kuthuk, Sajian Ikan Gabus Asap Khas Lamongan Foto: Eko Sudjarwo

Nah, bagi Anda yang ingin mencicipi masakan ini bisa langsung datang ke warung ini. Selain ikan kuthuk asap, warung ini juga menyediakan kelo kuning kuthuk, dan beragam menu masakan ala desa lainnya seperti bandeng atau mujair.



Simak Video "Kelezatan Nasi Boran Ikan Sili Bumbu Pedas"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com