Daging 'Plant-Based' Terbuat dari Jamur Shitake Cocok Buat Vegan

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 24 Sep 2021 20:00 WIB
Menu Plant Based Food Daging dari Jamur Shitake Foto: detiKFood/iStock
Jakarta -

Makanan 'plant-based food' sedang menjadi tren dan disukai banyak orang. Seperti daging dari jamur shitake yang gurih juicy dengan rasa umami.

Banyak orang yang beralih menjadi pelaku vegetarian, vegan, maupun flexitarian. Mereka menjalani pola hidup sehat dengan hanya mengonsumsi sayuran atau makanan tanpa produk hewani.

Saat ini plant-based food sedang menjadi tren di dunia. Makanan pengganti daging yang terbuat dari bahan tumbuhan atau nabati. Seperti jamur ataupun kacang-kacangangan.

Plant-based food di Indonesia juga semakin berkembang. Ada beberapa produsen makanan atau gerai restoran yang kini menciptakan menu plant based food. Seperti mengganti olahan daging sapi atau ayam dengan pilihan daging plant-based food yang terbuat dari jamur maupun kacang kedelai.

Salah satu produsen plant-based food yang populer di Indonesia adalah Green Rebel. Mereka dikenal karena menciptakan daging yang terbuat dari bahan nabati dengan kualitas tinggi.

Menu 'Plant Based Food' Daging dari Jamur ShitakeMenu 'Plant Based Food' Daging dari Jamur Shitake Foto: detiKFood/iStock

Baca Juga: 5 Menu Diet Singset ala Ivan Gunawan yang Bikin Dirinya Turun 21 Kg!

Max Mandias selaku Co-Founder dari Burgreens dan Green Rebel juga menjelaskan kalau mereka memiliki misi untuk menciptakan plant-based food dengan kualitas tinggi, namun harganya tetap terjangkau. Sampai saat ini mereka memiliki 3 produk, yaitu Chick'n, Beefless, dan Veggie Protein.

Walaupun hanya plant-based food, namun daging nabati buatan Green Rebel memiliki tekstur serat yang mirip seperti daging sapi asli. Daging nabati ini terbuat dari jamur shitake.

Jamur shitake dipilih karena jamur ini memiliki serat yang paling kencang dari jenis jamur lainnya. Karenanya bisa membentuk serat mirip seperti serat daging sapi asli.

"Karena jamur shitake itu memiliki serat yang paling kencang. Green Rebel sendiri juga menargetkan memiliki produk daging nabati ang mirip seperti aslinya," ujar Max Mandias dalam Instagram Live bersama Boga Group (17/9).

"Sebenarnya ada jenis jamur di Indonesia yang mirip seperti shitake, yaitu jamur merang. Tekstur kekencangan seratnya di bawah shitake. Namun, karena kita ingin tekstur dagingnya mirip seperti asli maka kami memilih shitake," lanjut Max.

Menu 'Plant Based Food' Daging dari Jamur ShitakeMenu 'Plant Based Food' Daging dari Jamur Shitake Foto: detiKFood/iStock

Selain olahan beefless (tanpa daging) yang terbuat dari jamur shitake. Ada juga daging 'ayam' plant-based yang rasanya tak kalah enak dengan aslinya.

Baca Juga: Ngidam Nasi Padang, Nagita Slavina Boyong Restoran Padang ke Rumah

Daging ayam tiruan ini terbuat dari kacang kedelai non GMO (Genetically Modified Organism). Tentu saja kacang kedelai yang mereka gunakan sudah teruji keamanan pangannya.

Tekstur daging ayam plant-based food ini benar-benar mirip aslinya. Warnanya putih dengan serat tipis seperti daging ayam pada umumnya.

Menu 'Plant Based Food' Daging dari Jamur ShitakeMenu 'Plant Based Food' Daging dari Jamur Shitake Foto: detiKFood/iStock

Sekilas ketika mencium aromanya juga langsung teringat dengan olahan daging ayam biasa. Karena daging plant-based ini juga dicampurkan oleh lemak nabati yang dapat menghasilkan aroma daging ayam.

Green Rebel telah banyak berkolaborasi dengan gerai restoran yang ada di Indonesia. Terbaru, mereka berkolaborasi dengan Boga Group yang memiliki gerai Kimukatsu dan Pepper Lunch. Ada beberapa menu yang ditawarkan, seperti Super Chick'n Katsu & Masshupoteto dan Beefless Curry Rice.

Baca Juga: 10 Nama Makanan Terkenal Ini Ternyata Diambil dari Nama Orang



Simak Video "Kupas Tuntas Plant Based Diet yang Kini Jadi Tren"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com