Bosan Sirup Rasa Jeruk? Ada Resep Baru Nih yang Lebih Segar

Nurcholis Maarif - detikFood Selasa, 21 Sep 2021 21:09 WIB
Jus Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Minuman dengan rasa jeruk atau orange sudah familiar di lidah masyarakat Indonesia. Bagi usaha yang bergerak di bidang kuliner minuman, hal ini menjadi tantangan untuk menciptakan menu baru yang enak dan dapat menarik konsumen.

Dalam pelatihan eksklusif hari kedua bagi 10 pelaku bisnis atau UMKM makanan dan minuman terpilih yang digelar KraftHeinz Food Service Institute dengan detikcom, In House Chef KraftHeinz Food Service, Dede Wahyudi menyarankan untuk mencampur sirup rasa orange dan mangga serta mencampurnya dengan pisang. Sebab menurutnya, kombinasi ini bisa menghasilkan rasa yang lebih menarik.

"Orange itu pasaran, tapi nggak juga sih. Saya kasih contoh sirup orange ABC kalau misalnya di dalam minuman ini, apalagi untuk milkshake atau smoothies, ini biasanya saya hanya nge-mix squash ABC rasa orange dan rasa mangga itu saya campur dengan pisang, yang sunrise atau ambon," ujarnya dalam pelatihan secara virtual, Selasa (21/9/2021).

Chef Dede menjelaskan sirup orange tersebut mengandung rasa asam atau kecut. Sehingga sirup rasa mangga bisa menstabilkan rasa tersebut. Adapun pisang bisa membuat rasa minuman lebih enak lagi. Hal sama berlaku untuk smoothies.

Sementara untuk minuman yang mixed atau yang original, Chef Dede menyarankan untuk menambahkan krim. Bahan ini juga berfungsi untuk menetralisir pecah-pecah campuran minuman yang terjadi saat sirup dengan susu bersatu.

"Kenapa? Karena saat penambahan krim itu dia akan lebih bulat dari tekstur dan rasanya, dan untuk menghindari supaya tidak pecah-pecah. Biasanya sirup bercampur susu pasti pecah," ujarnya.

Lebih lanjut Chef Dede mengatakan bahan dasar sirup bisa memakai produk-produk ABC, baik sirup squash ABC yang memiliki 8 varian maupun sirup special grade ABC yang memiliki 2 varian. Keduanya bisa digunakan untuk refreshment, indulgence drink, alternatif minuman manis, dessert dan topping, serta main course (campuran saus).

Dalam pelatihan itu, Chef Dede juga menjelaskan berbagai produk milik KraftHeinz. Mulai dari kecap manis ABC, kecap asin ABC, sambal ABC, saos tomat ABC, minyak wijen ABC, kecap inggris ABC, Heinz Chili, Heinz Tomato Ketchup, Jus ABC, ABC Kacang Hijau, ABC Kacang Kedelai, dan sirup ABC.

Sebagai informasi, guna mendorong perkembangan usaha kuliner Tanah Air, KraftHeinz Food Service melalui KraftHeinz Food Service Institute menggelar program pelatihan bagi para pelaku usaha agar bisa naik kelas. Tidak sendirian, KraftHeinz Food Service Institute turut mengajak Ultra Indonesia dalam menghadirkan program exclusive class ini.

Adapun program pelatihan eksklusif tersebut ditujukan bagi 10 pelaku bisnis terpilih, yang sebelumnya telah mengikuti rangkaian dari Webinar 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' hasil

kolaborasi dengan detikcom. Selain pelatihan, UMKM yang beruntung juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah berupa promosi melalui artikel di detikcom, alat masak profesional dan tambahan modal usaha puluhan juta rupiah.

(akn/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com