5 Cara Ampuh Berbisnis Kuliner Ini Wajib Dicoba bagi Pemula

Jihaan Khoirunnisaa - detikFood Senin, 26 Jul 2021 13:30 WIB
Ilustrasi masak kue Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Bisnis kuliner semakin merajalela di tengah pandemi COVID-19. Banyak masyarakat yang mulai menjual makanan rumahan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Memang, di masa pandemi seperti sekarang ini, bisnis kuliner justru semakin menggeliat. Apalagi memiliki usaha di bidang kuliner bisa menjadi ladang cuan karena memiliki potensi dan pasar yang besar.

Meski begitu dalam menjalankan bisnis ini tidak bisa asal. Ada 5 langkah yang perlu dilakukan untuk membangun bisnis kuliner bagi pemula dirangkum dari berbagai sumber.

Buat Daftar Potensi

Saat ini ada beragam produk makanan yang bisa ditawarkan ke konsumen. Salah satunya frozen food yang sedang naik beberapa waktu belakangan ini. Namun, sebaiknya Anda jangan hanya ikut-ikutan. Buat daftar dan kurasi jenis makanan apa saja yang hendak dijual. Fokus pada jenis makanan yang paling dikuasai.

Pahami Target Pasar

Mengetahui target pasar menjadi langkah penting bagi pebisnis pemula. Sebab dengan memahami target pasar yang dituju akan mempermudah Anda dalam menyusun langkah dan strategi promosi supaya bisnis semakin berkembang di masa depan. Pastikan Anda mengetahui siapa saja yang membutuhkan produk tersebut. Pahami juga kompetitor serta mulai membuat persona.

Buat Rencana Bisnis

Buat Anda yang baru terjun ke dunia bisnis kuliner penting untuk membuat sebuah rencana bisnis atau business plan. Tak perlu terlalu ribet, cukup buat yang sederhana saja. Adapun beberapa poin yang perlu dicantumkan dalam rencana bisnis, di antaranya target omzet per bulan dan target penjualan. Termasuk harga modal untuk bahan-bahan dan perlengkapan. Hal ini agar memudahkan Anda dalam menghitung nilai jual produk di pasaran.

Aktif di Medsos

Di era digital, promosi bisnis termasuk di bidang kuliner banyak memanfaatkan platform online seperti media sosial. Oleh karena itu, sebagai pengusaha pemula Anda juga tidak boleh ketinggalan. Gunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk menunjang promosi bisnis lewat berbagai konten kreatif. Dengan begitu Anda bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

Buat Program Diskon Berkala

Diskon jadi salah satu cara efektif untuk menarik perhatian konsumen selain komunikasi melalui konten. Buatlah program diskon secara rutin dengan menawarkan berbagai promo menarik untuk memanjakan calon konsumen. Manfaatkan juga momentum hari-hari besar agar program diskon Anda selalu mengikuti tren.

Dalam rangka mendukung bisnis kuliner di Indonesia agar semakin berkembang, PT Heinz ABC Indonesia yang diwakili Kraft Heinz Food Service akan meluncurkan program Kraft Heinz Food Service Institute pada 29 Juli 2021 mendatang.

Managing Director Kraft Heinz Indonesia & PNG, Steven Debrabandere mengatakan program ini merupakan bentuk dukungan dari Kraft Heinz Food Service bagi pelaku UMKM kuliner di Tanah Air.

"Dengan adanya acara ini kami berharap para chef dan pelaku bisnis kuliner, juga masyarakat luas yang tertarik terjun di industri kuliner dapat selalu bergerak maju secara berkesinambungan untuk menuju Indonesia yang lebih baik," ujar Steven dalam keterangan tertulis, Senin (26/7/2021)

Dia berharap program tersebut dapat membantu para chef dan UMKM kuliner agar bisa tetap berkembang dan bahkan semakin maju meski di tengah pandemi COVID-19. Selain itu, lanjut Kraft Heinz Food Service juga menawarkan beragam kolaborasi. Salah satunya kolaborasi kreasi menu unik dan menarik yang bisa dijadikan inspirasi bagi pelaku usaha kuliner.

"Kami ingin bisa menjadi partner para Chef dan pelaku bisnis kuliner untuk bisa maju bersama. Karenanya Kraft Heinz Food Service menawarkan kesempatan berkolaborasi dalam bentuk yang sangat beragam, mulai dari kolaborasi menu sampai dengan menyediakan wadah untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan," tandasnya.

Diungkapkan Steven, melalui In House Chef Kraft Heinz Food Service menyediakan beragam kreasi menu baru mulai dari menu khas Indonesia hingga menu fusion yang baru dan unik. Menurutnya, de - ide menu baru ini menjadi lebih mudah karena didukung oleh jaringan Kraft Heinz Food Service International yang berpartner dengan Chef dari berbagai negara.

Selain itu, Kraft Heinz Food Service juga menyediakan kreasi - kreasi menu yang didukung oleh produk ABC sebagai merek dengan beragam saus yang cocok untuk masakan Indonesia dan Asia. Pilihan produknya lengkap, ada kecap manis, kecap asin, minyak wijen, sampai saus sambal dan tomat dengan beragam ukuran. Kraft Heinz Food Service juga dilengkapi dengan Heinz sebagai merek yang sudah terkenal di dunia, untuk kreasi masakan Western (Barat) dan Internasional.

"Dengan adanya acara ini kami berharap para chef dan pelaku bisnis kuliner, juga masyarakat luas yang tertarik terjun di industri kuliner dapat selalu bergerak maju secara berkesinambungan untuk menuju Indonesia yang lebih baik," pungkasnya.

Untuk diketahui, kick-off peluncuran Kraft Heinz Food Service Institute akan ditandai dengan gelaran webinar bertajuk 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' bersama detikcom pada 29 Juli dan 5 Agustus 2021. Di acara ini, para pelaku usaha kuliner maupun calon pelaku bisnis kuliner bisa mendapatkan berbagai insight, pengetahuan dan inovasi seputar dunia kuliner langsung dari para ahli.

Peserta beruntung nantinya akan mendapatkan hadiah promosi melalui artikel di detikcom. Selain itu, 10 bisnis terpilih juga punya kesempatan untuk mengikuti sesi pelatihan eksklusif coaching dari Ultra Indonesia dan ACP Indonesia. Ada juga tambahan modal senilai puluhan juta rupiah yang menanti. Menarik bukan? Jadi, segera registrasi di atau pada formulir di laman ini atau yang terlampir di bawah ini.

(ads/ads)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com