Strategi UMKM Hobee Sehat Ajak Pelanggan Konsumsi Makanan Sehat

Erika Dyah - detikFood Kamis, 02 Sep 2021 17:57 WIB
UMKM Hobee Sehat Foto: Gojek
Jakarta -

Gaya hidup sehat semakin hari mulai digencarkan oleh banyak orang, mulai dari penerapan pola hidup dan makan yang sehat. Berawal dari keinginan untuk mengadopsi gaya hidup lebih sehat, Raynard Jonathan berhasil menginspirasi orang terdekatnya untuk mulai konsumsi makanan sehat bahkan sukses memberanikan diri memulai usaha catering makanan sehat.

Owner dari UMKM Hobee Sehat ini mengaku memulai usahanya dengan mengandalkan rekomendasi mulut ke mulut. Akan tetapi kini usaha rumahan yang beroperasi di bilangan Pondok Indah, Jakarta Selatan ini telah dipasarkan melalui platform online, yakni GoFood.

Berkat strategi tersebut, Raynard berhasil menjangkau lebih banyak pelanggan untuk usahanya. Terlebih, preferensi untuk makanan dengan kandungan nutrisi yang terjaga semakin digemari oleh pelanggan untuk menjaga kesehatan di masa pandemi ini.

"Keputusan bergabung dengan GoFood setelah lebih dari satu tahun hanya mengandalkan sistem pemesanan Pre-Order (PO) menjadi batu lompatan penting bagi Hobee Sehat. Awalnya saya berpikir, dengan bergabung di masa pandemi ini, GoFood bisa menjadi platform tambahan untuk pemasaran, tapi dengan teknologi GoFood, seperti fitur promosi, bisnis saya ternyata mendapat banyak kemajuan," jelas Raynard dalam keterangan tertulis, Kamis (2/9/2021).

"Tak sekedar menawarkan potongan harga bagi pelanggan, sebagai pengusaha, saya semakin paham tren dan dapat menyesuaikan tawaran menu saya dengan kebutuhan masyarakat," imbuhnya.

Ia menjelaskan, sebagai percobaan pihaknya mengenalkan menu dengan ikan salmon dan memberikan promo 50% setiap hari Kamis selama 3 minggu berturut-turut. Tak disangka, strategi ini membuat permintaan akan menu tersebut di periode promo meningkat drastis.

"Dari sana saya semakin mantap untuk terus menawarkan dan mengkreasikan menu ikan salmon. Efek positifnya saya jadi paham kebutuhan pelanggan dan lebih berani menambah varian menu dan pelanggan dapat menikmati makanan sehat favorit dengan harga terjangkau," tambah Raynard.

Menurutnya, fitur promosi dari GoFood tak sekadar memberikan potongan harga bagi pelanggan saja namun juga harus berhasil mendorong pelanggan membeli kembali.

Raynard pun mengungkap tiga strategi promosi yang diterapkan Hobee Sehat, antara lain.

1. Membuat promo untuk porsi makanan yang lebih kecil agar pelanggan terdorong mencoba kembali porsi yang lebih besar

2. Promo untuk menu favorit restoran agar pelanggan bisa menggabungkannya dengan varian menu lain agar lebih hemat

3. Membuat promo mengikuti agenda atau momen-momen yang tepat, misalnya setelah waktu gajian dimana masyarakat cenderung berbelanja makanan untuk pribadi maupun keluarga.

Lebih lanjut, ia pun menilai keputusannya menggunakan GoFood membuat kesehariannya jadi lebih praktis.

"Sebelum pakai GoFood, pencatatan keuangan saya cukup manual. Setelah mengenal fitur GoKasir, seluruh laporan penjualan bisa tercatat secara otomatis dan bisa diakses kapanpun. Fitur ini juga bisa mencetak struk pesanan. Jadi, saya tidak perlu aplikasi tambahan, semua cukup diakses lewat aplikasi GoBiz," ungkapnya.

Selain itu, Raynard menyebutkan keberhasilannya merintis usaha makanan sehat rumahan hingga digemari sekarang menjadi inspirasi baginya untuk menjadi berkat bagi orang-orang di sekitar.

Selama menjalankan usahanya, Raynard mengaku banyak berkenalan dengan mitra driver Gojek yang mengambil orderan. Satu waktu, salah satu driver kenalannya menghadapi musibah sehingga tidak mampu untuk mengambil orderan ojek online.

Melihat kondisi tersebut, Raynard pun membantu driver selama proses pemulihan untuk tetap bisa mendapatkan penghasilan dengan menjadi tenaga tambahan di dapur Hobee Sehat. Selain itu, dapur rumahan miliknya juga kerap kali menyambut anggota keluarga dari driver ojek online untuk bekerja sebagai tenaga pendukung.

"Sebagai usaha kuliner rumahan, yang bisa kita lakukan di tengah masa yang tidak menentu ini adalah bertahan dan memanfaatkan platform online sebaik-baiknya, sambil sebisa mungkin membantu meringankan beban sesama yang membutuhkan. Untuk membuat pelanggan lebih happy saat menerima orderan makanannya, saya sering kali memberikan snack kecil atau pudding," akunya.

Menurutnya, hal kecil ini membuat pengalaman kuliner dari usahanya miliknya menjadi lebih berkesan untuk pelanggan.

"Tidak lupa, saya juga memberikan catatan kecil sebagai rasa terima kasih karena pelanggan sudah mau membeli produk dari UMKM seperti kami. Berkat hal-hal kecil ini, orderan saya selama 1-2 bulan terakhir selalu mendapatkan bintang lima dan menuai review positif pelanggan di aplikasi GoFood. Apresiasi ini membuat saya semakin bersemangat untuk berinovasi dan memperkenalkan makanan sehat bagi masyarakat sekitar," pungkasnya.

Sebagai informasi, GoFood mendukung keberlangsungan usaha kuliner UMKM dengan memudahkan pelanggan untuk membeli kuliner dari UMKM melalui kategori #PesanDariUMKM. Inisiatif ini dihadirkan oleh GoFood untuk membantu UMKM bisa bangkit bersama di tengah kondisi pandemi.



Simak Video "Wapres: UMKM Industri Halal Perlu Dukungan untuk Penuhi Pasar Ekspor"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com